blank
Jenazah pria berinisial AAP (57), warga Dusun Manggis, Desa Ngadirojo Kidul,  Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri, dimakaman secara Prokes di TPU Watu Karung.
WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Selagi Desember 2020 kini belum genap sebulan, Tim Covid telah memakamkan sebanyak 42 jenazah secara protokol kesehatan (Prokes) pencegahan wabah virus corona. Bulan Desember ini, menjadi pemakaman jenazah secara Prokes Covid terbanyak, yang terjadi selama ini di Kabupaten Wonogiri.

Dua jenazah menyusul dimakamkan Kamis (24/12) di Kecamatan Ngadirojo dan Kecamatan Jatipurno. Sehingga total pemakaman di Kabupaten Wonogiri sampai saat ini, setidak-tidaknya mencapai sebanyak 119 jenazah. Dari jumlah tersebut, sebanyak 42 diantaranya dimakamkan di Bulan Desember 2020.

Yang dimakamkan di Kecamatan Ngadirojo adalah jenazah seorang pria berinisial AAP (57), warga Dusun Manggis, Desa Ngadirojo Kidul,  Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri. Pemulasaraan jenazah (pangrukti layon)-nya dilakukan oleh RSUD Ir Soekarno Kabupaten Sukoharjo, tempat dimana yang bersangkutan dirawat sampai menghembuskan nafas terakhirnya.

blank
Satgas Pemakaman Tim Covid Wonogiri yang melakukan penguburan, terdiri atas personel BPBD, prajurit TNI Kodim 0728, anggota Polres, bersama relawan dari PMI, relawan dari SAR dan relawan desa.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, semalam, menyatakan, pemakaman jenazah AAP dilakukan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Watu Karung, Desa Ngadirojo Kidul, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri. Berlangsung Kamis (24/12) mulai Pukul 11.00 sampai dengan Pukul 11.45.

Satgas Pemakaman Tim Covid Kabupaten Wonogiri yang melaksanakan penguburan, terdiri atas Wiyanto dan Sentot dari BPBD Wonogiri, Serda Awang dan Serda Mariyadi (prajurit TNI Kodim 0728 Wonogiri), Bripka Totok (Polres Wonogiri), bersama relawan Agung dan Daniel dari Palang Merah Indonesia (PMI) Wonogiri, dan Eko Santoso relawan dari Search And Rescue (SAR) Wonogiri.

blank
Jenazah perempuan berinisial Ny S dikuburkan secara Prokes pencegahan Covid di TPU Kedungrejo, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri.

Bambang Haryanto yang menjabat sebagai Pimpinan Pusat Komando Pengendali (Puskodal) percepatan penanganan Corona Virus Disease (Covid)-19 Kabupaten Wonogiri, menyebutkan, yang dimakamkan di Kecamatan Jatipurno, adalah jenazah seorang perempuan berinisial Ny S (69). Yang bersangkutan adalah penduduk Lingkungan Kedungrejo, Kelurahan Jatipurno, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri.

TPU Kedungrejo
Pemulasaraan jenazah Ny S dilakukan oleh RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri, tempat dia menjalani perawatan sampai meninggal. Selanjutnya, prosesi pemakamannya dilakukan di TPU Kedungrejo, Kecamatan Jatipurno (35 Kilometer arah timur laut Ibukota Kabupaten Wonogiri). Berlangsung dari Pukul 14.15 sampai dengan Pukul 15.05.

blank
Sehari, Satgas Pemakaman Tiv Covid Wonogiri, menguburkan dua jenazah secara Prokes pencegahan wabah corona di Kecamatan Ngadirojo dan Jatipurno.

Satgas pemakaman Tim Covid Kabupaten Wonogiri yang menguburkan jenazah Ny S, terdiri atas personel dari BPBD Wonogiri, prajurit TNI Kodim 0728, anggota Polres Wonogiri, bersama relawan dari PMI, relawan dari SAR dan relawan desa.

Ikut menyaksikan prosesi pemakaman dua jenazah tersebut, jajaran Forkompimcam dan Tenaga Kesehatan (Nakes) dari Kecamatan Ngadirojo dan Kecamatan Jatipurno, bersama aparat desa/kelurahan setempat, berikut perwakilan dari keluarga almarhum dan almarhumah.

Bambang Pur