blank
Kombes Pol. Rudy Syafrudin, Dirlantas Polda Jateng (Foto : Absa)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Operasi Kemanusiaan dengan mengedepankan protokol kesehatan, dijalankan oleh Polda Jateng dalam pelaksanaan Operasi Lilin Candi 2020 ini

Dengan berbagi makanan kepada masyarakat menjadi target utama. Sebanyak hampir 1000 pack makanan setiap hari selama 12 hari, dibagikan oleh anggota Polri wilayah hukum Polda Jateng,  kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Jadi Operasi Lilin Candi 2020 kali ini, kita jalankan berbeda. Lebih kepada kemanusiaan dan tidak ada penindakan. Kita buka dapur lapangan, untuk masyarakat yang mengalami erupsi dan pendemi Covid-19,” jelas Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol. Rudy Syafrudin di depan lobby Mapolda Jateng, usai pelaksanaan apel gelar pasukan Operasi Lilin Candi 2020. (21/12)2020)

Untuk menghindari kerumunan yang terjadi saat pembagian makanan, lanjut Kombes Rudy, akan dibagikan kepada masyarakat langsung dari pintu ke pintu.

“Tidak ada pengumpulan massa. Anggota kita yang akan mendatangi rumah-rumah setiap hari. Kurang lebih selama 12 hari,” imbuhnya.

Secara keseluruhan, disampaikan pula oleh Dirlantas, anggota Polri dalam pelaksanaan Operasi Lilin Candi 2020 sebanyak 5.300 personil, yang akan ditempatkan di 160 pos pengamanan dan 30 pos pelayanan yang disiapkan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Walaupun tidak ada penindakan dalam Operasi Lilin Candi 2020,  operasi yustisi tetap dijalankan,  untuk pengecekan langsung terhadap pengendara untuk melakukan tes Swab antigen. Yang pelaksanaannya bertempat di 5 rest area, dari 18 rest area yang di miliki, yang ada di sepanjang jalan tol di Jawa Tengah.

“Korlantas sudah memberikan bantuan pelaksanaan Rapid Swab antigen sebanyak 2000. Diperuntukkan bagi pengendara yang kita deteksi meragukan,” ungkapnya.

Absa-trs