blank
Sekda bersama tiag Kepala OPD sedang menyaksikan Ketua Koperasi Kopagemi Nusa, Solikul Sukaemi menandatangani berkas.(FOTO:SB/Sp)

KENDAL(SUARABARU.ID)- Sekretaris Daerah(Sekda) Kabupaten Kendal, Moh Toha, membuka acara “Forum Expose Kopyor” di Pendopo Tumenggung Bahurekso, Rabu(23/12/2020).

Selain membuka acara tersebut, Sekda dengan didampingi sejumlah Kepala Organisasi Pemerintah Daerah(OPD) terkait dan pihak panitia, secara simbolis menanam kelapa kopyor yang akan dikembangkan di Kabupaten Kendal oleh pelaku UKM dan Koperasi, di pekarangan bunga tak jauh dari Pendopo.

Dalam sambutannya, Sekda Kendal Moh Toha, mengatakan, UKM mempunyai peranan yang penting dalam meningkatkan perekonomian citra daerah, dan memberikan kontribusi bagi perekonomian nasional serta secara khusus bagi peningkatan perekonomian daerah.

Selain itu, juga melalui penyerapan tenaga kerja, pemerataan kesempatan usaha, penerimaan PAD dan dalam kaitan pengentasan kemiskinan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Kabupaten Kendal mempunyai peluang untuk terus maju, karena memiliki obyek destinasi unggulan- unggulan yang terdapat di masing- masing desa dan sangat potensial,”kata Sekda Moh Toha.

Oleh karena itu, kata Moh Toha, dari masing- masing desa diharapkan dapat memfungsikan potensi UKM, pariwisata, kebudayaan, dan investasi yang ada dengan melakukan pengembangan destinasi agro berbasis produk- produk unggulan, di Kabupaten Kendal.

Selanjutnya, bisa memanfaatkan mikroba pengurai tanah aktif sebagai alternatif penggunaan pupuk dalam rangka peningkatan kesuburan tanah, dan tanaman.

Untuk itu, Sekda berharap, kemampuan bekerjasama atau sinergitas dengan pihak- pihak yang sangat diperlukan dengan merangkaikan ide- ide kreatif dan kemampuan mengaitkan dengan kebutuhan pasar dalam hal berkelanjutan program, publikasi dan promosi.

Tak hanya itu, Sekda juga berharap pelaku UKM bisa melakukan penyesuaian terhadap lingkungan dan teknologi baru dengan memperhatikan kelestarian lingkungan bersama dan budaya bercirikan kearifan budaya lokal dan alam sekitarnya.

“Tingkatkan sumberdaya manusia yang handal, dan profesional terkait dalam usaha yang meningkatkan produk- produk unggulan,”pinta Sekda Moh Toha.

Selanjutnya melalui kegiatan ini, Sekda meminta kepada peserta undangan, dapat mengikuti kegiatan ini, dengan sebaik- baiknya sehingga bisa menerima pemahaman yang utuh sekaligus memanfaatkan momen ini, untuk sharing pengetahuan, dalam rangka meningkatkan kualitas produktivitas, usaha, dan perekonomian di Kabupaten Kendal.

Sementara itu, Ketua Koperasi Kopagemi Nusa, Solikul Sukaemi, mengatakan, dia sudah menyiapkan program untuk budidaya tanaman kelapa kopyor. Dia berharap, dalam rentang tiga tahun dari sekarang, Kabupaten Kendal sudah menghasilkan kelapa kopyor kultur jaringan.

Bahkan dia juag sudah menyiapkan lahan kurang lebih 50 hektar yang ada di Kendal bagian atas, lahan peretanian yang selama ini tergenang rob setiap tahunya, dan juga lahan- lahan tambak di dekat pantai.

“Menanam kelapa kopyor kultur jaringan sudah terbukti. Kurang tiga tahun sudah berbunga dan tahun keempat sudah panen.Jika ada 14 pohon, asumsinya satu minggu panen dua kali,”papar Solikul Sukaemi.Sp-mm