blank
Briptu Nita memberikan sosialisasi tentang 3M kepada kaum ibu di desa binaannya. Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Momen hari ibu dipergunakan Briptu Yunita Widhy Astuti untuk membagikan masker sekaligus sosialisasi tentang protokol kesehatan kepada masyarakat di desa binaannya. Briptu Yunita yang merupakan anggota Bhabinkamtibmas dari Polsek Gubug ini membagikan masker secara gratis serta melakukan penempelan stiker bertuliskan nomor telepon penting untuk warga yang membutuhkan saat ada persoalan penting.

Briptu Nita, yang menjadi Bhabinkamtibmas di Desa Ringinpitu ini kerap menyambangi warga desa binaannya. Terutama saat pandemi Covid—19 ini, Nita kerap memberikan penyuluhan tentang 3M kepada masyarakat. Bersama dengan rekannya, Briptu Diana Novita Pratiwi, mereka membagikan masker dan melakukan sosialisasi 3M kepada warga, terutama kaum ibu-ibu.

“Hari ini, kami mengadakan acara pembagian masker gratis dan penempelan stiker nomor-nomor penting yang dapat dihubungi saat darurat kepada warga di Desa Ringinpitu, Kecamatan Gubug ini. Selain itu, kami melakukan penyuluhan 3M yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dengan air dan sabun, serta menjaga jarak. Tujuannya lebih kepada upaya memutus mata rantai Covid-19,” jelas Briptu Nita.

blank
Sebelum diberikan masker, Briptu Nita mengingatkan kembali tentang 3M kepada seorang pengendara, Foto : hana eswe.

Pembagian masker disertai dengan penyuluhan 3M tersebut disambut baik oleh masyarakat Desa Ringinpitu. Siti, misalnya. Perempuan yang ditemui Briptu Nita saat berbelanja di warung berterima kasih sudah diingatkan untuk selalu menggunakan masker dan menerapkan 3M.

“Terima kasih sekali kepada ibu-ibu Polwan ini. Saya akan tetap menggunakan masker saat kelaur rumah dan menerapkan 3M dalam kehidupan sehari-hari. Semoga pandemi ini segera berakhir, ya,” kata Siti.

Sementara itu, Briptu Nita berharap di momen hari ibu dan seterusnya, kaum perempuan sebagai ibu rumah tangga di rumah tetap menjaga kesehatan. Di samping itu, mereka diharapkan dapat berperan aktif untuk pencegahan Covid-19 di daerah mereka.

“Harapan kami, supaya kaum ibu di Ringinpitu ini berperan aktif untuk pencegahan Covid-19 di daerah mereka, sehingga terhindar dari paparan virus tersebut. Di samping itu, mereka harus rutin menjaga kesehatannya,” pungkas Briptu Nita.

Hana Eswe.