blank
JUARA - Helfanza, Ikhwanudin (pegang trophy) dan Saiful Labib menjadi Juara 2 lomba Infvest 5.0 di Institut Teknologi Telkom Purwokerto. (foto: dok Harber)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Mahasiswa Sarjana Terapan Teknik Informatika Politeknik Harapan Bersama (PHB) menjadi juara 2 pada lomba Infvest 5.0 di Institut Teknologi Telkom Purwokerto. Invfest (Informatics Innovation Festival) merupakan kompetisi nasional tahunan yang ke lima. Pada tahun ini mengambil tema HATS Healthcare, AgroIndustry, Tourism, dan Medium Enterprise.

Team Bro yang terdiri dari Ikhwanudin, Helfanza Nanda Alfara, dan Saiful Labib mahasiswa Teknik Informatika Politeknik Harapan Bersama meraih Juara 2 dalam kompetisi Infvest 5.0 yang diumumkan pada Sabtu (12/12/2020) lalu.

“Alasan kami mengikuti lomba ini karna kami merasa memiliki kesempatan besar menjadi juara karena ide aplikasi yang kami buat masih baru dan sebelumnya tidak ada yang pernah membuatnya,” jelas Ikhwan, Jumat (18/12/2020).

Team Bro menang dalam kategori mobile application, mereka membuat aplikasi Fruitman. Aplikasi Fruitman merupakan aplikasi yang dibuat untuk membantu masyarakat dalam memasarkan hasil panen buah dengan sistem tebasan.

“Sistem tebasan yaitu menjual buah yang siap panen dan masih di pohonnya ke penebas. Dimana yang memanen adalah dari pihak penebas setelah deal melakukan tawar menawar,” kata Ikhwan.

Lebih lanjut, menurut Ikhwan, aplikasi Fruitman dapat membantu penebas dalam menemukan masyarakat yang ingin menjual hasil panen dengan sistem tebasan sesuai produk yang diinginkan.

Wakil Direktur 4 PHB Ginanjar Wiro Sasmito, MKom menambahkan aplikasi yang dikembangkan oleh Team Bro adalah sebuah aplikasi mobile android yang bertemakan e-commerce dalam transaksi penjualan buah-buahan.

“Produknya cukup inovatif, karena telah memiliki ide untuk membuat aplikasi mobile e-commerce guna transaksi penjualan buah-buahan, dari petani ke penebas,” kata Ginanjar.

Ia menambahkan bahwa Politeknik Harapan Bersama dengan cita-citanya untuk menjadi The True Vocational Campus memiliki potensi untuk terus tumbuh dan berkembang menjadi Politeknik Swasta terbaik di tingkat nasional.

Adapun Juara 1 Infvest 5.0 Tim Karyain dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dan Juara 3 TIK dari Politeknik Negeri Semarang.

Nino Moebi