blank
Satgas Pemakaman Tim Covid Kabupaten Wonogiri, Rabu (14/12), memakamkan jenazah lagi secara Prokes pencegahan wabah virus corona, di TPU Desa Sumberejo, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Tim Covid Kabupaten Wonogiri, Senin (14/12), memakamkan lagi jenazah secara protokol kesehatan (Prokes) pencegahan wabah virus corona. Sementara itu, jumlah positif Corona Virus Disease (Covid)-19 di Kabupaten Wonogiri meningkat jadi 892 orang, atau naik 158 orang (21.52 persen) dalam tempo 12 hari terakhir ini.

Dengan adanya pemakaman jenazah lagi tersebut, setidak-tidaknya ini menjadi penguburan jenazah secara Prokes yang ke 68 kalinya, dalam tempo 91 hari terakhir ini di Kabupaten Wonogiri.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, semalam, menyatakan, jenazah yang dikuburkan Senin (14/12) adalah mayat seorang pria berinisial S (65), warga Dusun Sumberejo Wetan, Desa Sumberejo, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri.

blank
Peta persebaran Covid-19 lengkap dengan status zona-nya, berikut angka positif Covid-19 di masing-masing kecamatan. Kecamatan Wonogiri Kota tertinggi dengan 10 orang dirawat dan 6 orang menjalani isolasi.

Pangrukti Layon
Pemulasaraan jenazah (pangrukti layon)-nya dilakukan oleh pihak RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri, tempat yang bersangkutan sebelumnya menjalani perawatan. Selanjutnya, penguburannya dilaksanakan oleh Satgas Pemakaman Tim Covid Kabupaten Wonogiri.

Bambang Haryanto yang menjabat sebagai Pimpinan Pusat Komando Pengendali (Puskodal) percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Wonogiri, menyebutkan, petugas yang menguburkan terdiri atas personel dari BPBD Kabupaten Wonogiri, prajurit TNI Kodim 0728, anggota Polres, bersama relawan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Wonogiri dan relawan dari Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kabupaten Wonogiri.

Penguburannya berlangsung di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Sumberejo, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri. Berlangsung mulai Pukul 10.20 sampai dengan Pukul 11.15. Ikut hadir menyaksikan pemakaman, jajaran Forkompimcam  bersama personel tenaga kesehatan (Nakes) dari Puskesmas Wuryantoro, aparat Pemerintah Desa Sumberejo dan perwakilan keluarga almarhum.

blank
Satgas Pemakaman Tim Covid Kabupaten Wonogiri yang melaksanakan tugas penguburan jenazah secara Prokes, selalu menyertakan personel yang khusus menyemprotkan disinfektan ke liat lahat dan sekitarnya, termasuk ke para petugas.

Sebanyak 87 Mayat
Terhitung sampai dengan Senin (14/12), total pemakaman jenazah secara Prokes pencegahan pandemi Covid-19 di Kabupaten Wonogiri, tercatat sebanyak 87 mayat. Perinciannya, pada Bulan Agustus 2020 dimakamkan sebanyak 8 jenazah.

Selanjutnya pada Bulan September 2020 memakamkan sebanyak 15 jenazah, Oktober (19 jenazah) dan Bulan Nopember 2020 sebanyak 29 jenazah. Di Bulan Desember 2020 ini, sebanyak 14 jenazah. Sebelumnya, pada Bulan April, Juni dan Juli 2020, memakamkan masing-masing satu jenazah.

blank
Data warga Kabupaten Wonogiri yang terkonfirmasi Covid-19. Dalam tempo 12 hari terakhir ini, jumlahnya meningkat jadi 892 orang atau bertambah 158 orang (21,52 persen).

Sementara itu, data terkini jumlah warga Kabupaten Wonogiri yang terkonfirimasi Covid-19, dilaporkan sebanyak 892 orang. Jumlah ini, terhitung mengalami peningkatan sebanyak 158 orang (21,52 persen) dalam 12 hari terakhir ini di Wonogiri.

Sebanyak 892 terkonfirmasi positif tersebut, terdiri atas 31 orang dirawat di Rumah Sakit (RS), 9 orang menjalani isolasi mandiri, 810 orang sembuh dan 42 orang meninggal. Yang suspect dan probable tercatat sebanyak 161 orang, terdiri atas 23 orang dirawat di RS, 106 orang sembuh dan 32 orang meninggal.

Bambang Pur