Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Fakultas Psikologi Universitas Semarang (USM) mengadakan kegiatan workshop dengan tema workshop teknik Analisis Data Kualitatif : NVIVO dan Kuantitatif : JASP bagi dosen Fakultas Psikologi USM pada 10-11 Desember 2020.

Kegiatan yang dibuka ketua pelaksana workshop Purwaningtyastuti SPsi MSi ini, membahas teknik Analisis Data Kualitatif : NVIVO dan Kuantitatif : JASP. Hadir dua narasumber dari Undip, Prof Drs H Imam Ghozali, MCom PhD Ak dan Prasetyo Budi SPsi MSi.

Dekan Fakultas Psikologi USM DR L Rini Sugiarti SPsi MSi dalam sambutannya menyampaikan, dalam kegiatan workshop ini pasti akan sangat membantu dalam meningkatkan wawasan dan kompetensi para dosen khususnya dalam mengolah data penelitian dengan menggunakan teknik yang modern yaitu analisis data NVIVO dan JASP.

Sementara Prof. Drs H Imam Ghozali menjelaskan, dalam karakteristik riset kualitatif dibagi empat desain yaitu Fokus, masalah penelitain yang cocok, disiplin ilmu, dan unit analisis.

“Mengenai Pengkodean atau (coding) merupakan mengambil data teks yang ditranskrip dan memahaminya, ini adalah satu langkah dalam keseluruhan proses melakukan analisis kualitatif dan dapat dilakukan dengan tangan, di mana anda menandai teks dengan pena dan stabilo berwarna. Itu juga dapat dibantu oleh perangkat lunak kualitatif’ ungkapnya.

Prasetyo Budi SPsi MSi dalam menejelaskan mengenai “ teknik analisis data kuatitatif menggunakan teknik JASP, teknik tersebut merupakan analisis statistik dan psikometri.

“Menggunakan teknik JASP ada beberapa kelebihannya salah satunya bersifat open-source sehingga kita dapat secara gratis mengunduh dan memesang pada lebih dari satu komputer, tanpa perlu khawatir lisensi ataupun batas waktu penggunaan dan JASP dapat dipasang diberagam sistem oprasi komputer: Windowa, Macos, dan Linux,” ungkap budi.

“Selain kelebihan teknik JASP juga ada kekuranganya salah satunya JASP tidak memilik fitur membuat data baru, mengedit, atau mengubah data, pengguna harus membuat data dengan program lain, dengan file berekstensi: sav (file data SPSS), txt (file text), csv (comma separated value) dan ods (open office spreadsheet)” tambahnya.

Para peserta dalam mengikuti kegiatan workshop ini sangat antusias sekali serta diharapkan dalam workshop ini dapat memberikan pembaharuan ilmu mengenai pengolahan data kuantitatif dan kualitatif dengan Meningkatkan kemampun peserta workshop dalam memilih teknik analisis data dengan menggunakan NVIVO dan JASP.

Saiful Hadi-USM