Pasangan Arief Rohman-Tri Yuli Setyowati (Artys), memenangi Pilkada Blora 2020 versi hitung cepat, Rabu (9/12/2020). Foto: dok/Ist

BLORA (SUARABARU.ID)– Pasangan Arief Rohman-Tri Yuli Setyowati (Artys) versi hitung cepat diluar lembaga Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora, memenangkan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di kabupaten penghasil kayu jati itu.

Hasil hitung cepat yang beredar di kalangan jajaran Forum Komuninasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) setempat, Rabu (9/12/2020) malam, pasangan calon nomor urut dua ini meraih suara 222.155, mengungguli dua paslon lainnya.

Dua paslon yang dikalahkan Artys ini, Dwi Astuningsih-Reza Yudha (Asri) memperoleh 10.055 suara. Sedangkan paslon Umi Kulsum-Agus Sugiyanto (Umat) meraih sebanyak 141.104 suara.

BACA JUGA : Hasil Pilkada Demak, Eisti Ucap Syukur, Mugiono Akui Kekalahan

”Hitungan Pilkada Blora ini sifatnya sementara, tapi sudah masuk ke Forkompimda. Hasil resminya kita sama-masa menunggu dari KPU,” beber salah satu pejabat kota sate ini.

Kemenangan paslon Artys ini disambut suka cita kader PDI Perjuangan dan simpatisan Arief-Etiek. Mereka kemudian melakukan konvoi di Jalan Nasional Blora-Cepu, yang diawali dari depan Kantor Dewan Pengurus Cabang (DPC) partai berlambang banteng mencereng itu.

Namun perayaan kemenangan itu tidak berjalan lama, hanya beberapa saat. Mereka kembali tertib dan pulang ke rumah masing-masing. Konvoi dengan sepeda motor dan mobil itu sendiri berjalan aman dan tertib.

Sementara itu, Tim Pemenangan pasangan Arief Rohman-Yuli Setyowati, juga ikut aktif menggelar hitung cepat di Kantor DPC PDI Perjuangan bersama Badan Saksi Pemenangan Nasional (BSPN), yang dipantau DPD PDI Perjuangan Jateng.

Arief Rohman dan Tri Yuli Setyowati, juga terlihat serius memantau proses perhitungan cepat. Sekitar pukul 16.00 WIB, Artys keluar didampingi Ketua DPC PDI Perjuangan, Dasum, anggota DPR RI Dapil Jateng 3, Edi Wuryanto, yang kemudian mengumumkan hasil tabulasi suara versi BSPN.

Di forum itu, Arief Rohman membacakan hasil tabulasi suara dalam selembar kertas. Dan berdasarkan hitung cepat, Artys memperoleh kemenangan sekitar 59 persen.

Hasil hitung cepat Pilkada Blora yang untuk sementara ini masuk ke jajaran Forkompimda Blora. Foto: dok/Ist

Ucapan Selamat

”Alhamdulillah, kami Pasangan Arief Rohman-Tri Yuli Sulistyowati, berhasil meraih 59 persen suara. Terima kasih atas kerja keras seluruh kader partai koalisi, relawan dan simpatisan,” ucap Wakil Bupati Blora Periode 2016-2021 ini.

”Insya Allah masyarakat Blora yang telah memberikan amanahnya kepada kami, akan kami laksanakan sebaik-baiknya. Untuk resminya, kita menunggu perhitungan dari KPU,” tutur Arief Rohman lagi.

Jika nanti paslon Artys menang Pilkada versi KPU Blora, dipastikan Arief Rohman mampu memecahkan mitos, bahwa Wabup juga bisa menjadi Bupati Blora. Mitos ini sempat beredar luas, bahwa di Blora sulit seorang Wabup bisa duduk di kursi Bupati.

Di sisi lain, paslon nomor 1 (Tutik-Reza) dan 2 (Umi-Agus) yang digadang-gadang bisa mengukir sejarah sebagai Bupati perempuan pertama sejak orde lama hingga saat ini, masih belum bisa terwujud.

Terpisah, suami Umi Kulsum (cabup) yang juga Bupati Blora, Djoko Nugroho, agaknya cukup lapang dada menerima kekalahan istrinya versi hitung cepat.

”Selamat ya untuk Pak Arief dan Bu Etiek, semoga kemenangan ini membawa kebaikan dan kemajuan untuk Blora,” ucap Djoko Nugroho.

Wahono-Riyan