blank
Mewakili Dandim 0728 Wonogiri, Kasdim Mayor (Inf) Nurul Muthahar (berdiri di podium), menyampaikan sambutan dalam rakor desk Pilkada 2020.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Wonogiri, Haryono, mengharapkan, pelaksanaan Pilkada Tanggal 9 Desember 2020 dapat berjalan sukses. Di sisi lain, sukses pemilihan Bupati dan Wakil Bupati secara demokratis tersebut, tanpa memicu penularan Corona Virus Disease (Covid)-19.

Harapannya tersebut, disampaikan saat membuka rapat koordinasi (Rakor) Tim Desk Pilkada 2020 Kabupaten Wonogiri. Rakor digelar di Ruang Girimanik kompleks perkantoran Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Wonogiri.

Rakor Desk Pilkada dihadiri oleh Dandim 0728 Wonogiri yang diwakili Kasdim Mayor (Inf) Nurul Muthahar, Kapolres yang diwakili Kabag Ops Polres Kompol Agus Pamungkas, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kabupaten Wonogiri Teguh Setiyono, Kajari Wonogiri yang diwakili Kasi Intel Feby Rudy Purwanto.

blank
Rakor Desk Pilkada 2020 Wonogiri, digelar di Ruang Rapat Girimanik kompleks perkantoran Sekretariat Pemkab Wonogiri.

Memiliki Kekhususan
Berikut juga hadir Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Wonogiri Dokter Adhi Dharma, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Waluyo, Ketua Bawaslu Wonogiri yang di wakili Joko Wuryanto, Ketua KPU Wonogiri Toto Sihsetyo Adi, pimpinan dinas terkait dan para Camat se Kabupaten Wonogiri.

Menurut Sekda Haryono, pelaksanaan Pilkada 2020 yang digelar serentak di seluruh Tanah Air, ini memiliki kekhususan tersendiri dan berbeda dengan pelaksanaan Pilkada atau Pemilu yang pernah dilaksanakan selama ini. Sebab, pesta demokrasi untuk memilih pemimpin ini, berlangsung pada saat pandemi Covid-19.

Guna mengantisipasi agar event Pilkada tidak menjadi klaster baru penyebaran wabah virus corona, harus dilakukan pengaturan sesuai protokol kesehatan (Prokes) pencegahan wabah virus corona. Hindarkan penumpukan pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Caranya, harus dilakukan penggiliran, demi menghindarkan terjadinya kerumunan massa yang berpotensi menjadi media penularan Covid-19.

Sementara itu, Ketua KPU Wonogiri, Toto Sihsetyo Adi, menyatakan, kesiapan penyelenggaraan Pilkda sudah mencapai 90 persen. Tahapan pelaksanaannya telah dilakukan sesuai agenda yang dijadualkan, seperti penetapan DPT, transfer anggaran ke PPK dan PPS. Juga telah dilaksanakan Bimtek pemungutan serta penghitungan suara yang sesuai dengan Prokes pencegahan pandemi Covid-19.

Personel Prajurit
Logistik Pilkada telah didistribusikan. ”Kami minta dukungan semua pihak, agar Pilkada untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri ini, nantinya dapat berjalan dengan aman dan lancar,” tandas Ketua KPU Wonogiri, Toto Sihsetyo Adi.

blank
Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing (berdiri kiri), Kamis (3/12), memimpin tactical floor game (TFG) dalam persiapan strategi pengamanan Pilkada Wonogiri Tanggal 9 Desember 2020 pekan depan.

Ikut memberikan sambutan, Kasdim Mayor (Inf) Nurul Muthahar. Ditegaskan, Kodim 0728 Wonogiri telah menyiapkan personel prajurit untuk bertugas membantu aparat kepolisian dalam melakukan pengamanan Pilkada.

Kabagops Polres Wonogiri Kompol Agus Pamungkas, menyatakan,  dalam tugas pengamanan, Polres Wonogiri meminta bantuan kepada Kodim 0728 Wonogiri. Juga mendapatkan bantuan pasukan Brimob dan pasukan dari Polres Karanganyar, yang di BKO-kan ke Polres Wonogiri.

Untuk pengamanan TPS, Polres Wonogiri akan memberangkatkan angotanya pada Senin sore, Tanggal 7 Desember 2020 mendatang. Polres Wonogiri, juga telah melaksanakan kegiatan cipta kondisi menyongsong Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri Tahun 2020.

Bambang Pur