blank
Dalam kondisi gelapnya malam, Tim Covid Kabupaten Wonogiri, Rabu dinihari (2/12), memakamkan lagi jenazah secara Prokes pencegahan wabah virus corona.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Satgas Pemakaman Tim Covid Kabupaten Wonogiri, Rabu dinihari (2/12), menguburkan jenazah lagi secara protokol kesehatan (Prokes) pencegahan wabah virus corona.
Ini setidak-tidaknya merupakan pemakaman secara Prokes yang ke 55 kalinya dalam tempo 79 hari terakhir ini di Kabupaten Wonogiri.

Sementara itu, warga Kabupaten yang positif Corona Virus Disease (Covid)-19, jumlahnya dilaporkan terus meningkat. Data terkini tercatat sebanyak 734 orang. Perinciannya yang dirawat di rumah sakit (RS) sebanyak 41 orang, menjalani karantina mandiri 55 orang, sembuh 604 orang dan yang meninggal 34 orang.

Jumlah tersebut, mengalami peningkatan yang siginfikan dalam 3 hari terkahir ini. Sebab, sebelumnya tercatat hanya sebanyak 705 orang positif, atau mengalami peningkatan sebanyak 29 orang (4,11 persen). Perinciannya sebanyak 36 orang dirawat di RS, 33 orang menjalani isolasi mandiri, 602 orang sembuh dan 34 orang meninggal.

blank
Jumlah warga Wonogiri yang positif Covid-19 terus meningkat. Data terkini sebanyak 734 orang, perinciannya 41 dirawat di RS, 55 isolasi mandiri, 604 sembuh dan 34 meninggal.

Pasien RSUD
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, menyatakan, yang dikuburkan secara Prokes Rabu dinihari (2/12) adalah jenazah seorang pria berinisial M (66), warga Dusun Sugihan, Desa Brenggolo, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri. Yang bersangkutan merupaka pasien RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso, Kabupaten Wonogiri.

Bambang Haryanto yang menjabat sebagai Pimpinan Pusat Pengendali (Puskodal) percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Wonogiri, menyebutkan, pemulasaraan jenazah M dilakukan di RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri.

Selanjutnya, penguburannya dilakukan oleh Satgas Pemakaman Tim Covid Kabupaten Wonogiri, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sugihan, Desa Brenggolo, Kecamatan Jatiroto (50 Kilometer arah timur Ibukota Kabupaten Wonogiri). Berlangsung mulai Pukul 03.50 sampai dengan Pukul 04.30.

Sebanyak 75 Mayat
Personel yang memakamkan terdiri atas tim gabungan dari BPBD Kabupaten Wonogiri, prajurit TNI Kodim 0728 dan anggota Polres Wonogiri, bersama relawan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Wonogiri. Ikut menyaksikan jajaran Forkompimcam Jatiroto bersama tenaga kesehatan (Nakes) Puskesmas, aparat desa dan perwakilan keluarga almarhum.

blank
Tim Covid Kabupaten Wonogiri yang melaksanakan tugas pemakaman jenazah secara Prokes, terdiri atas personel BPBD, prajurit TNI Kodim 0728, anggota Polres dan relawan PMI Wonogiri.

Sampai dengan Rabu (2/12), total pemakaman jenazah secara Prokes pencegahan pandemi Covid-19 di Kabupaten Wonogiri tercatat sebanyak 75 mayat. Perinciannya, pada Bulan Agustus 2020 dimakamkan sebanyak 8 jenazah.

Pada Bulan September 2020 memakamkan sebanyak 15 jenazah, Oktober (19 jenazah) dan Bulan Nopember 2020 sebanyak 29 jenazah dan di awal Bulan Desember 2020 ini satu jenazah. Sebelumnya, pada Bulan April, Juni dan Juli 2020, memakamkan masing-masing satu jenazah.

Bambang Pur