blank
Pemprov Sulbar Beri Bantuan kepada Nelayan Ba'babulo untuk Pulihkan Ekonomi

MAJENE (SUARABARU.ID)– Masyarakat nelayan di Desa Ba’babulo, Kecamatan Pamboang, Kabupaten Majene, mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar). Bantuan diberikan, untuk memulihkan ekonomi masyarakat nelayan akibat dampak Covid-19.

Bantuan berupa dua unit mesin katinting berkekuatan 9 dan 13 PK serta dua rol tali rumpon sepanjang 80 meter yang diperuntukkan bagi empat kelompok nelayan.

Bantuan diserahkan langsung Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Dr Fadly Syamsuddin.

“Kunjungan kita kali ini dalam rangka memberikan bantuan kepada warga nelayan berupa mesin katinting dan rumpon. Mudah -mudahan digunakan dengan baik, serta dirawat dengan baik oleh masyarakat, agar bertahan lama dan memberikan manfaat yang lebih besar,“ kata Ali Baal Masdar, saat menyerahkan bantuan, Sabtu (28/11/2020).

Ali Baal mengaku, akan menyiapkan cold storage atau ruangan yang dirancang khusus untuk kondisi suhu tertentu, sehingga dapat menyimpan berbagai macam hasil tangkapan laut para nelayan, sehingga tidak cepat rusak.

“Ke depan, kita rencanakan kapal-kapal besar bertenaga 30 sampai 60 GT. Biar bisa menjangkau seluruh nusantara dan hasilnya dikirim ke luar negeri,“ ungkap Ali Baal.

Salah satu nelayan Ba’babulo Baharuddin mengaku bersyukur. Bantuan yang diberikan bisa meringankan kesulitan yang mereka rasakan, lantaran pendapatan yang menurun akibat terdampak pandemi Covid-19, diperparah dengan kondisi cuaca yang tidak menentu.

“Alhamdulillah kita sangat bersyukur karena sudah ada bantuan dari pemerintah berupa mesin katinting, apalagi saat ini ada corona jadi kita tidak bisa bebas lagi serba terbatas untuk melaut. drngan bantuan Pemerintah Sulbar ini masyarakat sangat terbantu,” tandasnya.

 

Claudia SB