blank
Bea Cukai Musnahkan Barang Ilegal di Jabar

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Bea Cukai memusnahkan barang-barang ilegal secara serentak di tujuh kantor pengawasan wilayah Jawa Barat (Jabar).

Barang-barang yang di musnahkan merupakan barang sitaan dari hasil penindakan Bea Cukai mulai dari periode 2017 hingga 2020, tepatnya di wilayah Bandung, Cikarang, Bekasi, Bogor, Purwakarta, Cirebon, dan Tasikmalaya.

Menurut Kepala Kantor Bea Cukai Jabar, Saipullah Nasution, barang sitaan yang akan di musnahkan yaitu 4.845.450 batang rokok, 1.000.709 gram tembakau iris, 13.246 botol minuman keras, dan 6.580 botol cairan vape ilegal serta ratusan barang lain yang melanggar aturan Undang-Undang Kepabeanan.

“Kegiatan ini merupakan bentuk sosialisasi kepada masyarakat terkait ketentuan di bidang cukai dan wujud komitmen Bea Cukai bersama dengan instansi pemerintah serta aparat penegak hukum di lingkungan Jawa Barat untuk menekan peredaran barang kena cukai,” jelas Saipullah dalam keterangan terlulis, Senin (30/11/2020)

Dilanjutkan Saipullah, pemusnahan ini juga dilakukan dalam rangka menjalankan amanah UU Cukai dalam tata Kelola dana bagi hasil cukai hasil tembakau.

Sementara, total nilai barang kena cukai ilegal yang dimusnahkan dalam kesempatan tersebut mencapai iniRp5.075.690.465 dengan perkiraan nilai cukai yang tidak terpungut oleh negara mencapai Rp3.431.634.396.

“Potensi kerugian imateriil lainnya yang lebih besar yaitu timbulnya dampak negatif bagi masyarakat berupa ancaman kesehatan akibat mengonsumsi barang-barang ilegal,” jelas Saipullah.

Selain memusnahkan cukai ilegal, dalam kesempatan tersebut juga dimusnahkan barang-barang hasil penindakan di bidang kepabeanan.

Misalnya, sex toys, spare part, printer, dan alat panah yang tidak memenuhi ketentuan perundang-perudanganan.

Sekedar informasi, periode 2017 hingga 31 Oktober 2020, Bea Cukai di wilayah Jawa Barat telah melakukan 2.088 kali penindakan di bidang cukai dan berhasil mengamankan 36,07 juta batang rokok ilegal dengan nilai barang hasil penindakan mencapai Rp30,5 miliar.

Penanganan perkara terhadap barang hasil penindakan tersebut meliputi penyidikan tindak pidana cukai, atau pelunasan cukai, serta pengenaan sanksi administrasi berupa denda, atau pemusnahan.

Kemudian, Bea Cukai se-Jawa Barat melalui fungsinya sebagai Trade Facilitator dan Industrial Assistance, bersama Pemerintah Daerah se-Provinsi Jawa Barat bakal terus menjalin sinergi dan koordinasi dalam menjalankan program-program strategis di bidang Perekonomian di Jabar.

Terutama dalam mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Sejalan dengan hal tersebut, Bea Cukai se-Jawa Barat juga terus bersinergi dengan Kepolisian, TNI, Kejaksaan, lnstansi terkait, dan stakeholder lainnya dalam upaya penegakan hukum UU Kepabeanan dan UU Cukai.

“Sinergi yang dibangun diharapkan dapat lebih ditingkatkan lagi dan bersamasama bahu-membahu menyukseskan percepatan pemulihan ekonomi sebagai akibat pandemi Covid-19, khususnya di Provinsi Jawa Barat. Yang pada akhirnya mendukung program-program pemulihan ekonomi nasional yang dapat dirasakan langsung manfaatnya bagi masyarakat luas,” tutup Saipullah.

 

Claudia SB