blank
Jubir Satgas Covid-19 Kudus, dr Andini Aridewi. foto: dok/Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Kudus,  kembali mengalami penambahan. Saat ini Satgas Covid-19 Kabupaten Kudus mencatatkan ada 204 kasus aktif yang ditangani.

Data yang ada, dari jumlah kasus aktif tersebut, sebanyak 105 pasien diantaranya dirawat di sejumlah RS rujukan dan 99 pasien lainnya menjalani isolasi.

“Per hari ini ada 25 kasus baru. Jadi, total kasus aktif saat ini mencapai 204 kasus,”kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kudus Andini Aridewi, Sabtu (28/11).

Penambahan kasus baru tersebut, kata dia, semuanya berasal dari dalam wilayah. Rinciannya adalah  4 kasus dari DesaPurworejo,  Dersalam, Panjang, dan Bacin, Kecamatan Bae. Selanjutnya 3 kasus dari Kecamatan Dawe yakni Desa Puyoh, Cendono dan Soco.

Untuk wilayah Kecamatan Jati, lima pasien dari Desa Getaspejaten, dua dari Jatikulon, satu pasien masing-masing dari Pasuruhan Lor dan Jetiskapuan.

Dari wilayah Kecamatan Jekulo diantaranya satu pasien masing-masing dari Desa Gondoharum, Hadipolo dan Jekulo. Kemudian tiga kasus dari Desa Gamong dan Blimbingkidul, Kecamatan Kaliwungu.

Sementara, satu kasus dari Desa Demangan Kecamatan Kota dan tiga kasus dari Desa Karangrowo, Wates dan Medini Kecamatan Undaan.

Disiplin Protokol Kesehatan

Meski demikian, kata Andini, jumlah pasien sembuh juga mengalami penambahan yang cukup signifikan. Dalam sehari, tercatat ada  20 orang pasien positif yang dinyatakan sembuh.

Tambahan pasien yang positif terkonfirmasi tersebut menambah jumlah pasien dari Covid-19 kumulatif sebanyak 2.514 kasus.

Untuk kasus meninggal dunia saat ini ada penambahan dua kasus terkonfirmasi sehingga total kasus meninggal sebanyak 277 kasus.

Atas kondisi tersebut, Andini mengimbau masyarakat Kudus untuk selalu ingat dan waspada serta terus meningkatkan kedisiplinan dalam mematuhi protokol kesehatan untuk menekan kasus Covid-19, mulai dari memakai masker saat berada di tempat umum dan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau dengan cairan pembersih tangan selama minimal 20 detik terutama setelah menyentuh benda-benda yang disentuh banyak orang.

Dalam rangka menjaga daya tahan tubuh tetap optimal, masyarakat juga diminta selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan istirahat yang cukup.

“Kami tak bosan-bosa mengimbau masyarakat untuk terus mewaspadai Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan. Sudah banyak yang terpapar, jadi kami meminta masyarakat disiplin menjaga diri dan keluarga,”ujarnya.

Tm-Ab