blank
Koarmada I Laksanakan Apel Kesiagapan TNI AL 2020

JAKARTA(SUARABARU.ID) – Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, SE, MM memimpin Apel Kesiapan TNI AL 2020, Senin (23/11/2020), di Dermaga JICT II Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Koarmada I sebagai penyelenggara acara menggelar Apel Kesiapsiagaan TNI Angkatan Laut Tahun 2020 yang dipimpin KASAL dengan Komandan Apel Danlantamal III Laksma TNI Hermanto, SE, MM.

KASAL dalam amanatnya menyampaikan, apel gelar pasukan ini memiliki makna yang sangat penting untuk mengukur kesiapsiagaan kesatuan TNI AL dalam melaksanakan tugas sebagai bagian integral dari TNI yang merupakan komponen utama pertahanan negara.

“Sebagai prajurit yang memiliki naluri yang tajam, kita harus mampu mencermati situasi perkembangan lingkungan strategis yang tengah terjadi saat ini baik dalam negeri maupun luar negeri. Dengan demikian, kita mampu memperhitungkan apa yang tengah dan akan terjadi serta dampak apa yang kita hadapi,” ujarnya.

“Kita juga tetap harus memperhitungkan dampak Covid-19 yang saat ini terus berlanjut diikuti dengan maraknya pemberitaan hoax berupa disinformasi dan mis integrasi yang dapat merusak kepercayaan masyarakat kepada pemerintah maupun munculnya kelompok yang dapat memprovokasi yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa,” katanya.

Dijelaskannya, semua berpengaruh terhadap stabilitas keamanan dalam negeri dan menimbulkan situasi yang kurang menguntungkan terutama bagi TNI/ Polri yang memiliki tugas pokok memberikan rasa aman kepada masyarakat Indonesia.

“Untuk itu, saya instruksikan kepada seluruh Pangkotama, Komandan Satuan dan Komandan Unsur agar bertanggung jawab penuh terhadap seluruh jajarannya untuk melaksanakan tugas. Tidak ada satu pun individu atau kelompok yang melaksanakan pergerakan tanpa ada perintah yang jelas dari komando atas,” tegasnya.

Apel Gelar Pasukan diikuti sebanyak 1.500 personel terdiri dari 1 Kompi Koarmada I, 1 Kompi Lantamal III, 1 Kompi Kolinlamil, 1 Kompi Gabungan Seskoal dan Pushidrosal, 1 Kompi Marinir, 1 Kompi Pomal, 1 Pleton Denjaka, 1 Pleton Satkopaska.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakasal, Irjenal Kasal, Aspers Kasal, Aslog Kasal, Asrena Kasal, Irops Kasal, Pangkoarmada I, Pangkolinlamil, Danseskoal, Kapushidrosal, Dankormar, Danpuspomal, Danlantamal III, Danpasmar I, Kadisminpersal, Kadisdikal.

Claudia SB