SEMARANG (SUARABARU.ID)– Dua perusahaan teknologi dan komunikasi terbesar di Tanah Air, Gojek dan Telkomsel, berkolaborasi guna memperkuat posisi Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.
Hal ini ditandai dengan investasi Telkomsel, operator telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, di Gojek, platform on-demand dan pembayaran terdepan di Asia Tenggara, Selasa (17/11/2020).
Investasi ini mendukung kedua perusahaan untuk bersinergi dalam mengakselerasi transformasi digital di Tanah Air. Ada pun nilai investasi Telkomsel di Gojek adalah sebesar USD 150 juta.
BACA JUGA : Atasi Lonjakan Covid-19, Pemprov Jateng Tambah 520 Tempat Isolasi dan 104 ICU
Platform Gojek dan layanannya digunakan jutaan konsumen dan mitra pengemudi, serta ratusan ribu mitra merchant di seluruh Asia Tenggara. Sedangkan Telkomsel adalah operator seluler terbesar di Indonesia, dengan lebih dari 170 juta pelanggan.
Dalam kolaborasi ini, Gojek dan Telkomsel akan bersama-sama memperkuat layanan digitalnya, mendorong inovasi dan produk baru, serta meningkatkan kenyamanan bagi para pengguna dan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).
”Kami sangat bangga bisa memperluas kolaborasi strategis dengan Telkomsel sebagai pemain terbesar di industri telekomunikasi. Kerja sama ini akan menjangkau ratusan juta masyarakat Indonesia, termasuk konsumen, mitra driver dan mitra UMKM, supaya ikut andil menikmati manfaat dari ekonomi digital,” kata Co-CEO Gojek Group, Andre Soelistyo.
Dalam keterangan pers resminya, dijelaskan kalau kerja sama ini merupakan perluasan dari kolaborasi Gojek dan Telkomsel, yang menawarkan paket data terjangkau kepada mitra driver Gojek sejak 2018.
Kerja sama ini juga akan membuka berbagai peluang kolaborasi lainnya, yang memanfaatkan skala gabungan dari kedua perusahaan itu, sehingga dapat menjangkau jutaan masyarakat Indonesia di seluruh Nusantara.
Sinergi melalui teknologi dan ekosistim dari kedua perusahaan karya anak bangsa ini, juga akan mendorong percepatan transformasi digital di Indonesia.
Pengguna Gojek dan Telkomsel dapat menantikan beberapa inisiatif yang akan memberikan manfaat dan kenyamanan lebih, seperti produk baru yang dikembangkan bersama. Serta program-program inovatif yang dapat memberikan penghematan biaya, seperti promosi bersama dan bundling produk.
Manfaatkan Sumber Daya
Kedua perusahaan juga akan berkolaborasi di bidang gaya hidup digital, serta mengembangkan solusi teknologi periklanan digital yang dapat dimanfaatkan para pelaku usaha di berbagai skala bisnis.
Selebihnya, Gojek dan Telkomsel juga bekerja sama dalam bidang pemberdayaan talenta, melalui pertukaran pengalaman dan program pembinaan keahlian profesional, sebagai bentuk upaya meningkatkan sumber daya manusia teknologi di Indonesia.
”Ekonomi digital di Indonesia didorong oleh perkembangan perangkat seluler (mobile-first market), sehingga bila pemain terdepan di industri teknologi dan telekomunikasi berkolaborasi memanfaatkan sumber daya yang ada, ekonomi digital Indonesia bisa lebih terakselerasi ke tahapan yang lebih tinggi (leap frog),” imbuh Andre.
Dia juga menjelaskan, Gojek selalu terinspirasi oleh para pemimpin industri teknologi kebanggaan Indonesia, seperti Telkomsel. Investasi yang dilakukan Telkomsel menunjukkan adanya kepercayaan mendalam pada model bisnis platform Gojek, jangkauan luas ekosistem serta dampak positif yang dihasilkan bagi masyarakat dan ekonomi Indonesia.
”Hal ini juga menempatkan kami pada posisi keuangan yang lebih kuat untuk mendorong pertumbuhan ke depan,” ungkap Andre.
Sementara itu, Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro menambahkan, kolaborasi antara Telkomsel dan Gojek berawal dari visi yang sama dari kedua belah pihak, yaitu untuk mempertegas posisi pemain lokal sebagai tuan rumah di negeri sendiri.
Telkomsel merasa sangat bangga berkesempatan untuk berkolaborasi dengan platform kebanggaan anak bangsa, yang terus memberikan dampak positif bagi jutaan rakyat Indonesia, pada setiap aspek kehidupan sehari-hari.
Jadi Pondasi
Menurutnya, kerja sama dengan Gojek dan ekosistimnya yang luas, juga akan mengakselerasi transformasi Telkomsel sebagai digital telco company, dan memperkuat konsistensi perusahaan dalam membangun ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan. Walaupun di saat ini masih menghadapi situasi penuh tantangan di masa pandemi.
”Semangat kolaborasi akan terus menjadi pondasi kami dalam menghadirkan manfaat teknologi digital di seluruh sektor kehidupan dan lapisan masyarakat Indonesia,” jelas Setyanto.
Dalam kesempatan itu, Direktur Utama Telkom Indonesia, Ririek Adriansyah menegaskan, sebagai induk perusahaan Telkomsel, Telkom menyambut baik dan mendukung kolaborasi lintas sektor antara Gojek dan Telkomsel.
”Kami meyakini, kolaborasi dengan Gojek ini akan memberi potensi nilai tambah besar, jika dilakukan dengan Telkomsel. Terutama untuk mengembangkan bisnis layanan digital, seiring roadmap transformasi yang sedang dijalankan Telkom Group, untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia,” tukas dia.
Ririek melanjutkan, kolaborasi ini juga sejalan dengan visi dan misi Telkom Group, untuk mengorkestrasi strategi penguatan synergy value yang sudah berjalan antara kedua perusahaan, yang akan berdampak positif serta memperkuat portofolio bisnis Telkom Group, dalam mengakselerasi perekonomian digital di Indonesia.
”Aksi korporasi ini juga merupakan bagian dari perjalanan Telkomsel dalam menjalankan tiga pilar digital. Yaitu sebagai penyedia konektivitas digital, layanan digital serta platform digital, yang saat ini menjadi landasan bagi perusahaan untuk menghadirkan ragam produk digital yang berpusat pada pelanggan, dan layanan yang memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia sehari-hari,” pungkasnya.
Hery Priyono-Riyan