blank
Ketua KPU Surakarta Nurul Sutarti tengah menyemprotkan desinfektan pada kotak suara Pilwakot setempat tahun 2020 yang telah selesai dirakit. dok KPU/ Bagus Adji

SURAKARTA-(SUARABARU.ID) – Sebanyak 2.552 kotak suara Pemilihan Wali Kota  dan Wakil Wali Kota (Pilwakot) Kota Surakarta tahun 2020 mulai dirakit Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Proses perakitan yang ditangani delapan personel diharapkan bakal selesai tiga hari. Di sisi lain  juga melakukan pencetakan 429.321 surat suara.

“Pelaksanaan perakitan kotak suara dimulai hari ini hingga tiga hari ke depan,” kata Ketua KPU Surakarta Nurul Sutarti, Selasa (17/11).

blank
Ketua KPU Surakarta Nurul Sutarti tengah mengawali proses perakitan kotak suara Pilwakot setempat tahun 2020. (dok KPU/ Bagus Adji)

Proses perakitan  kotak suara, lanjut Nurul Sutarti berlangsung secara manual dengan mengedepankan protokol kesehatan guna mengantisipasi penyebaran covid–19.

Artinya para pekerja sebelum melaksanakan tugas harus mengikuti prosedur berupa pengukuran suhu tubuh, mengenakan masker dan  selalu menjaga jarak selama melaksanakan tugasnya. Tak hanya itu bahan baku kotak suara juga tidak luput dari sterilisasi dengan disemprot disinfektan sebelum dirakit.

KPU Surakarta juga telah melakukan pencetakan 429.321 lembar surat suara di PT Pura Barutama Kudus pada sehari sebelumnya. “Cetak surat suara, satu hari bisa selesai. Namun untuk pemotongan dan pengepakan dan lainnya mungkin butuh waktu sekitar tiga hari. Barulah kemudian surat suara dimaksud dikirim ke Solo,“ jelasnya.

Kotak suara yang dirakit bakal dibagikan ke 1.231 TPS. Pada bagian lain keterangannya disebutkan, KPU juga sudah menerima logistik di antaranya 2.462 botol tinta, Nantinya setiap TPS bakal mendapatkan dua botol tinta. Juga telah diterima desinfektan 1.400 botol, ember cuci tangan 1.500 buah.

Bagus Adji-trs