blank
Gibran Rakabuming Raka

SOLO, (SUARABARU.ID) – Kota Solo dikenal dengan wisata kulinernya. Beragam jajanan yang memanjakan lidah tersedia di kota kelahiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini.

Tak jarang, wisatawan dari luar kota datang ke Kota Bengawan hanya untuk menikmati kenikmatan satai kambing, tongseng, serabi, gudeg ceker ataupun nasi liwet.

Selain wisata kuliner, sebenarnya Kota Solo memiliki potensi wisata lainnya yakni wisata kesehatan atau akrab disebut wellness tourism.

Menurut calon wali kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, wellness tourism memiliki potensi sangat besar jika dikembangkan di Kota Bengawan.

Melimpahnya potensi dan sumber daya wisata kesehatan itu menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat, termasuk dari luar kota untuk datang ke Kota Bengawan.

Sebelumnya, putra sulung Presiden Jokowi ini juga ingin mengembangkan pelestarian empon-empon sebagai tanaman obat

“Saya tertarik dengan potensi wisata kesehatan yang dimiliki Solo. Menurut saya, sangat melimpah dan tinggal strategi yang pas untuk digarap serta pengemasannya,” ucap Gibran, Senin (16/11/2020).

Suami Selvi Ananda itu menjelaskan, Kota Solo memiliki modal untuk menggarap wellness tourism dengan adanya heritage spa, jamu, pengobatan alternatif, yoga, hingga event olahraga.

Sementara untuk bahan-bahan herbal merupakan asli produk dalam negeri, artinya tidak didatangkan dari luar negeri. Berbagai layanan kesehatan itu dinilai lebih menarik bagi wisatawan lantaran menggunakan aneka rempah atau herbal asli Tanah Air.

Berbeda dengan produk yang digunakan untuk layanan wellness tourism di luar negeri yang pakai cairan chemical.

“Ya potensinya kan banyak. Misalnya pijat refleksi, totok wajah, itu kan pakai banyak bahan-bahan herbal tradisional asli Indonesia semua. Kalau digarap serius, Indonesia bisa menjadi nomor satu untuk wellness tourism,” imbuhnya.

Gibran menambahkan, tren wisata saat ini sudah bergeser dari pariwisata alam seperti pegunungan dan pantai, tapi ke arah wisata yang menyehatkan badan.

“Jadi liburan tidak harus ke tempat wisata pantai dan gunung. Tapi bisa juga  untuk menyehatkan badan. Beberapa waktu lalu pengelola hotel menjadikan wellness tourism bagian dari paket layanan pariwisata di Solo,” sambung dia.

Haeswe