blank
Pelantikan Pengawas TPS Pilkada di Wonosobo dilakukan secara serentak di 15 Kecamatan. Foto : SB/dok

WONOSOBO(SUARABARU ID)-Bawaslu Wonosobo hari ini, Senin (16/11), resmi melantik 1.950 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS). Jumlah tersebut, tersebar di 15 kecamatan di kota dingin itu.

Ketua Bawaslu Wonosobo Sumali Ibnu Chamid mengatakan, proses pelantikan 1950 TPS dipusatkan di tiap kecamatan. Sesuai tugas dan wewenang pembentukan dilakukan oleh Panwascam.

“Semua TPS di seluruh Wonosobo sudah resmi punya Pengawas TPS Pilkada. Hari ini serentak dilantik oleh Panwascam,” ujarnya.

Ditegaskan Sumali, setelah pelantikan. Pengawas TPS akan langsung bekerja. Mengawasi tahapan yang tengah berjalan.

Di antaranya, distribusi logistik, penyampaian undangan pemilih hingga pemungutan dan penghitungan suara di TPS masing-masing.

Lantik Serentak

blank
Ketua Bawaslu Wonosobo. Foto : SB/dok

“Pengawas TPS juga akan melakukan pencegahan praktek politik uang. Beberapa program sudah kita siapkan,” katanya.

Koordinator Divisi SDM Bawaslu Wonosobo Nasir Salasa mengatakan, jumlah pendaftar Pengawas TPS total 3.616 orang. Dari jumlah tersebut dilakukan seleksi administrasi dan wawancara. Selain itu juga diberikan waktu untuk masukan masyarakat.

“Mekanisme dan prosedur rekrutmen sudah dilampaui dan semua TPS sudah terisi. Mereka sudah siap melakukan pengawasan pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020 nanti,” katanya.

Nasir menambahkan, proses pelantikan dikakukan serentak dalam sehari. Meski begitu tetap sesui protokol kesehatan. Satu forum maksimal diikuti 50 orang, menggunakan masker dan tersedia cuci tangan dan sabun.

“Jadi hari ini pelantikan tiap Kecamatan ada yang 3 sampai 5 sesi. Karena disesuaikan protokol kesehatan. Agar tidak terjadi kerumunan,” pungkasnya.

Muharno Zarka-Wahyu