blank
Tim Covid Kabupaten Wonogiri, memakamkan jenazah pria S secara Prokes, di TPU Astonoloyo, Lingkungan Kaloran, Kelurahan Giritirto, Kecamatan Wonogiri Kota, Kabupaten Wonogiri.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dalam sehari, Sabtu (14/11). Tim Covid Kabupaten Wonogiri memakamkan lagi dua jenazah secara protokol kesehatan (Prokes) pencegahan wabah virus corona. Sehingga dalam tempo 63 hari terakhir ini, Tim Covid Wonogiri setidak-tidaknya telah memakamkan 40 jenazah secara Prokes.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, semalam, menyatakan, dua jenazah yang dimakaman Sabtu (14/11) dikuburkan di dua lokasi terpisah. Yakni di Kecamatan Wonogiri Kota dan di Kecamatan Girimarto. Kedua jenazah tersebut merupakan pasien dari RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso, Kabupaten Wonogiri.

Kedua jenazah itu terdiri atas mayat pria berinisial S (73) warga Lingkungan Kaloran, Kelurahan Giritirto, Kecamatan Wonogiri Kota, Kabupaten Wonogiri, dan jenazah perempuan berinisial Ny S (57), penduduk Dusun Watuleter, Desa Giriwarno, Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri.

blank
Untuk melaksanakan tugas penguburan jenazah secara Prokes, Tim Covid Kabupaten Wonogiri menyertakan anggota yang khusus melakukan penyemprotan disinfektan pada liang lahat dan sekitarnya, termasuk kepada personel tim.

Pangrukti Layon
Pemulasaraan jenazah (pangrukti layon)-nya, semuanya dilakukan di RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso. Selanjutnya, prosesi pemakamannya dilaksanakan oleh Tim Covid Kabupaten Wonogiri, yaitu personel dari BPBD Kabupaten Wonogiri, prajurit TNI Kodim 0728 dan anggota Polres Wonogiri, bersama relawan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Wonogiri.

Pemakaman jenazah pria S berlangsung di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Astonoyo Kaloran, Giritirto, Kecamatan Wonogiri Kota, Kabupaten Wonogiri. Berlangsung Sabtu petang (14/11), dari Pukul 16.14 sampai dengan Pukul 17.45.

Selanjutnya untuk penguburan Ny S, dilakukan di TPU Desa Giriwarno, Kecamatan Girimarto (sekitar 30 Kilometer arah timur laut Ibukota Kabupaten Wonogiri). Penguburan jenazah Ny S berlangsung Sabtu dinihari (14/11) mulai Pukul 01.15 sampai dengan Pukul 02.10.

blank
Pemakaman jenazah perempuan berinisial S dilakukan di TPU Desa Giriwarno, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri, berlangsung dinihari Pukul 01.15 sampai dengan Pukul 02.10.

Sebanyak 57 Jenazah
Ikut hadir menyaksikan penguburan kedua jenazah tersebut, jajaran Forkompincam dari Kecamatan Wonogiri Kota dan Forkompincam Kecamatan Girimarto, bersama tenaga kesehatan (Nakes) dari Puskesmas Wonogiri Kota dan Puskesmas Girimarto. Juga hadir aparat Kelurahan Giritirto dan perangkat Desa Giriwarno beserta perwakilan dari keluarga kedua jenazah.

blank
Tim Covid Kabupaten Wonogiri yang melaksanakan tugas pemakaman jenazah secara Prokes, terdiri atas personel BPBD, prajurit TNI Kodim 0728, anggota Polres dan relawan PMI.

Bambang Haryanto yang juga menjabat sebagai Pimpinan Pusat Komando Pengendali (Puskodal) percepatan penanganan Corona Virus Disease (Covid)-19 Kabupaten Wonogiri, menyatakan, ada kecenderungan jumlah jenazah yang dimakamkan secara Prokes di Kabupaten Wonogiri, belakangan ini mengalami peningkatan yang signifikan.

Bulan Agustus 2020 dimakamkan sebanyak 8 jenazah, September (15 jenazah), Oktober (19 jenazah) dan Bulan Nopember sampai dengan Sabtu (14/11) sebanyak 12 jenazah. Sebelumnya, pada Bulan April, Juni dan Juli, hanya memakamkan masing-masing satu jenazah. Sehingga total pemakaman secara Prokes sampai dengan Sabtu (14/11) sebanyak 57 jenazah.

Bambang Pur