blank
Seorang petugas pertashop di Desa Singocandi, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, melayani pembeli Pertamax. foto:Ant/Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Peluang usaha untuk mendirikan pertashop sebagai penyalur resmi Pertamina dengan skala kecil untuk melayani kebutuhan bahan bakar minyak nonsubsidi di Kabupaten Kudus,  masih terbuka mengingat hingga saat ini baru ada dua unit pertashop yang ada di kota kretek.

“Pertamina memang masih membuka peluang kerja sama dan kemitraan bisnis melalui kemitraan pertashop. Apalagi di Kabupaten Kudus baru berdiri dua tempat pertashop,” kata Sales Branch Manager Pertamina MOR IV wilayah Kudus dan Jepara Muhammad Faruq, Rabu (11/11).

Ia mengungkapkan kedua pertashop tersebut, yakni di Desa Singocandi, Kecamatan Kota Kudus, dan Menawan, Kecamatan Gebog.

Untuk mendirikan pertashop, kata dia, memang harus memenuhi sejumlah persyaratan, salah satunya selain memiliki badan usaha juga harus mendapatkan rekomendasi dari pemerintah desa setempat.

Persyaratan lainnya, yakni memiliki lahan seluas 15×15 meter persegi serta jauh dari SPBU. Nantinya, kata dia, akan dilakukan survei dan pengecekan lokasi calon berdirinya pertashop.

“Untuk izinnya, bisa diajukan secara online ke website resmi Pertamina. Sementara, izin-izin lain menyesuaikan kondisi daerah,”tandasnya.

Selain lahan juga bentuk bangunan pertashop beserta tangki penyimpanan BBM juga harus berstandar dari Pertamina, sedangkan BBM yang dijual di pertashop merupakan BBM nonsubsidi seperti pertamax.

Harga BBM  di pertashop, kata dia, juga sama dengan harga di SPBU. Sementara, margin keuntungan yang ditawarkan Pertamina ke pengusaha berkisar Rp 850 per liternya.

“Untuk biaya investasinya, sekitar Rp 400 juta an, dah termasuk lahan,”katanya.

Sementara itu distribusi BBM ke pertashop menggunakan mobil tangki dari terminal BBM Pengapon Semarang dengan sekali pengiriman hingga 2.000 liter.

Peluang pendirian pertashop di Kudus, kata Faruq, mendapatkan respons positif karena banyak yang berminat menjadi penyalur resmi BBM melalui kemitraan pertashop.

Berdasarkan pantauan di salah satu pertashop di Desa Singocandi, Kecamatan Kota Kudus, lokasinya memang cukup strategis karena di jalur desa yang padat kendaraan serta lahannya juga cukup luas sehingga bisa menampung banyak kendaraan.

Ant-Tm