blank
Jacky Mussry

SEMARANG – Forum Doktor Unissula (FDU) mengadakan webinar dengan tema optimisme menghadapi resesi ekonomi yang dilaksanakan (11/11). Hadir sebagai narasumber yaitu Deputy CEO Markplus Inc, Jacky Mussry.

Ia menekankan di saat resesi seperti ini meruapakan saat yang tepat untuk meningkatkan kemadanian. “Praktisi dan akademisi bisa saling melengkapi tidak boleh lagi seperti air dan minyak yang saling terpisah dan jalan sendiri sendiri”, ungkapnya.

Ia juga menilai bahwa di saat krisis sebenarnya merupakan momentum untuk meningkatkan kreatifitas, dan berusaha lebih maksimal untuk tetap bertahan dan bahkan berkembang. Resesi merupakan sebuah realitas yang hampir dialami oleh berbagai negara, hal yang harus dilakukan adalah bagaimana menyikapinya secara positif dan produktif.

Ia menilai bahwa pandemi benar benar membuat UKM menghadapi kondisi yang sangat berat yang sebelumnya belum pernah dialami. “Ini merupakan sebuah kondisi yang sebelumnya belum pernah dialami UKM, ini kondisi yang sangat berat namun kita tidak boleh lagi menunggu, ini saatnya melakukan overhoul dan jangan menunggu krisis berikutnya.

Ia juga memberi saran pada yang sedang ingin memulai bisnis di saat resesi seperti sekarang ini agar tidak terjebak pada hitung hitungan parameter yang terlalu kompleks.
“Kalau ingin memulai usaha jangan terlalu banyak analisis yang terlalu kompleks. Kalau untuk bisnis kita bisa ambil beberapa parameter saja dan bisa dimulai dari sumber daya apa yang bisa kita sediakan dan juga berusaha memenuhi apa yang sedang dibutuhkan oleh pasar”, pungkas Jacky.

Webinar yang dimoderatori oleh Dekan Fakultas Ekonomi Prof Olivia Fachrunnisa SE MSi PhD, tersebut juga menghadirkan Narasumber lainnya yaitu Masyita Crystallin Ph.D (Staff Khusus Menteri Keuangan RI), Prof Dato’ Dr Ahamad Kameel Meera (Malaysia), Drs Bedjo Santoso MT PhD (Rektor Unissula), dan Dr Ardian Adhiatma (Fakultas Ekonomi Unissula).