blank
Gubernur Ganjar Pranowo menerima penghargaan atas kemenangan Jateng sebagai Provinsi Terinovatif dari Menteri Ristek/BRIN Bambang Brodjonegoro. Foto: Ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Jawa Tengah kembali memborong berbagai penghargaan. Kali ini penghargaan diberikan oleh Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional. Pemprov Jateng menduduki peringkat I Provinsi Inovatif Award.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Riset dan Teknologi Indonesia, Bambang Brodjonegoro dan diterima Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Auditorium BJ Habibie Jalan Thamrin, Jakarta, Selasa (10/11/2020).

Gubernur Ganjar Pranowo menilai pemerintah pusat tak henti-hentinya memberikan stimulus agar inovasi daerah bisa berkembang. Dikatakan, hasil riset, inovasi, dan kreasi itu berpotensi menyelesaikan persoalan di masyarakat.

“Ini bagian dari cara kita merangsang daerah-daerah bisa melakukan inovasi, kreasi, risetnya lebih banyak dan menyelesaikan persoalan daerah. Kita hanya perlu didorong, diberi kesempatan dan butuh seluruh inovasi kita dipakai dan dibeli,” ujar Ganjar.

Inovasi karya Pemprov Jateng yang mendapat perhatian yaitu sekolah virtual untuk anak putus sekolah. “Pemprov tak sekadar menggelar pembelajaran daring, namun juga membuat aplikasi hingga silabus khusus,” kata Ganjar.

Dua Kota Tiga Kabupaten

Sementara itu, Plh Sekda Jateng Dr Prasetyo Aribowo saat menerima Pengurus PWI Jateng kemarin mengatakan, selain menerima penghargaan sebagai Provinsi Inovatif, juga juga beberapa tiga kabupaten dan dua kota di Jateng menerima penghargaan serupa.

Untuk tingkat pemerintah kabupaten paling inovatif juara I Wonogiri, juara II Kendal, juara III Pati. Sedangkan untuk pemerintah kota paling inovatif juara I Pemkot Surakarta dan juara II Kota Semarang.

“Jawa Tengah betul-betul memborong semua penghargaan itu.Keunggulan Jateng karena Indeks Daya Saing Daerah (IDSD)-nya tertinggi, tingginya inovasi masyarakat, lomba Krenova dan Perda Inovasi yang hanya ada di Jateng, ” kata Prasetyo Aribowo.

Selain Jawa Tengah sebagai juara I, pemenang berikutnya Jawa Barat juara II, dan Jawa Timur juara III. Sedangkan untuk kategori kota, juara III Kota Cimahi. Kategori Masyarakat juara I Devita Notowijaya, Tempe Super Instan dari Jawa Tengah, juara II Amin, Converter Kit, Kalbar, juara III AA Gde Agung Rahma Putra, Kostum Tari, Bali.

Widiyartono R