blank
Sebanyak 150 masker diserahkan secara simbolis, dari Koordinator SPDP kepada perangkat Desa Jamus, Mranggen. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)– Satuan Penegak Disiplin Protokol (SPDP) kesehatan, kembali melakukan penertiban pada masyarakat, untuk melaksanakan protokol kesehatan dengan baik dan benar, terkait penyebaran covid-19.

Kali ini kegiatan dilakukan di Desa Jamus, Mranggen, pada warga yang akan melaksanakan Shalat Jumat. Tim SPDP terfokus pada jamaah shalat yang ada di Masjid Jami’ Baitul Khamid.

Tim SPDP dari Dinas Kominfo dan Dinas Nakerind bersama Satgas Kecamatan Mrangen, Satgas Desa Jamus, Polsek serta Koramil Mranggen, dalam kegiatan itu memberikan sosialisasi dan membagikan masker.

BACA JUGA : Tangani Covid-19, Jateng Optimalkan Isolasi Mandiri dan Sosialisasi 3T

Sebelumnya, Koordinator SPDP Rudyanto, secara simbolis menyerahkan masker sebanyak 150 pcs kepada kepala desa, yang diwakili Sekdes Muchklisin, di balai desa setempat.

Dalam keterangannya, Muchlisin menyatakan prihatin atas menurunnya kepedulian warga terhadap pandemi virus corona ini. Hal itu terlihat dari banyaknya warga yang tidak memakai masker, saat shalat di masjid maupun dalam melaksanakan aktivitas hariannya.

”Dulu pada awal pandemi banyak warga yang memakai masker dan jaga jarak, namun kini sudah terlihat ada yang tidak pakai masker. Mungkin karena bosan atau alasan lainnya,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Rudy menyampaikan, kegiatan seperti ini sudah berjalan selama enam bulan lebih. Beberapa tempat sudah pernah dikunjunginya di wilayah Kabupaten Demak.

blank
Jamaah Shalat Jumat dihimbau memakai masker, sebelum memasuki Masjid Jami’ Baitun Khamid, dengan diberi masker oleh tim SPDP. Foto: rudy

Beri Penindakan
”Meskipun masyarakat bosan bahkan sering menghindar bila bertemu dengan tim kita, namun kita tidak boleh ikutan bosan untuk menemui mereka. Sebab ini merupakan tugas yang bertujuan menyelamatkan warga dari serangan covid-19,” kata Rudy, di sela-sela kegiatan, Jumat (6/11/2020).

Koordinator SPDP itu juga menyampaikan, Pemekab Demak melalui tim SPDP akan selalu memberikan sosialisasi dan edukasi, serta penindakan kepada warga yang kurang patuh terhadap protokol kesehatan.

”Tugas kami tidak hanya membagi masker, namun juga memberikan pemahaman dan membudayakan warga memakai masker di era adaptasi kebiasaan baru,” imbuh dia.

Menurut Rudy, covid-19 tidak akan hilang dan tetap ada. Ini seperti virus flu, campak, HIV dan lainnya. ”Untuk itu, kita bisa mencegah penularan virus dengan membudayakan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan dan jaga jarak,” tukas dia.

Rudy-Riyan