Polisi mengatur arus lalu lintas di sebuah lampu merah. Foto: Eko Priyono

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Operasi Zebra Candi 2020 yang dilaksanakan Satlantas Polres Magelang diisi kegiatan sosialisasi dan edukasi kepada pengguna jalan.

Polisi juga memasang stiker “Ayo Pakai Masker”, melakukan pembagian masker, serta stiker Operasi Zebra Candi 2020 di Jalan Pemuda Muntilan dan di lokasi wisata Swargabumi, Borobudur, Kamis (5/11/2020).

Kasat Lantas Polres Magelang, AKP Fandy, menuturkan, Operasi Zebra Candi 2020 kali ini dengan sasaran jalan raya dan tempat wisata. Arahnya guna menyadarkan masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan.

Kegiatan kali ini sifatnya adalah preemtif dan preventif. Dilakukan dalam bentuk pembagian masker, pemasangan stiker, imbauan perihal protokol kesehatan, serta pembagian stiker Operasi Zebra Candi 2020. “Itu dimaksudkan untuk menggugah kesadaran masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan dan senantiasa menjaga diri dari penyebaran virus Covid 19,” kata Fandy.

Kegiatan dimulai sekitar pukul 09.00 Wib. Diikuti oleh Kanit Dikyasa Ipda Endro Suryanto dan anggota Sat Lantas Polres Magelang.

Polisi juga melakukan sosialisasi berupa public addres kepada pengguna jalan. Itu untuk mematuhi peraturan lalu lintas dan melengkapi surat-surat kendaraan dan SIM, serta memakai helm bagi pengendara kendaraan roda dua,  memakai sabuk keselamatan bagi roda empat.

Menurutnya kegiatan dalam rangka Operasi Zebra Candi 2020 kali ini akan terus dilaksanakan hingga 8 November 2020.

AKP Fandy berharap kegiatan tersebut dapat mewujudkan terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas. Agar aman dan kondusif serta menekan angka kecelakaan lalu lintas.

“Agar tidak ada korban fatal akibat kecelakaan, serta mencegah penyebaran Covid-19,” harapnya..

Menurut dia kegiatan itu berlangsung aman dan lancar. “Kami lakukan ini untuk kebaikan kita bersama, kami hadir untuk melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat,” pungkasnya.

Eko Priyono