Dinkes Klaten merilis hasil random swab test di beberapa objek wisata air di wilayahnya. Foto: hery priyono

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Dari hasil random tes yang dilakukan Dinas Kesehatan di beberapa Kabupaten/Kota di Jateng selama libur panjang kemarin, tercatat ada empat kasus positif covid-19. Hal itu seperti yang disampaikan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Dikatakan dia, pihaknya kini tengah mengebut untuk melakukan tracing kontak wisatawan yang kedapatan positif covid-19 itu.

”Hasil random tes yang kami lakukan di sejumlah titik pada 28 Oktober sampai 1 November lalu, menemukan ada empat kasus positif. Keempat kasus itu berasal dari wisatawan asal Medan, Semarang, Tangerang dan Trenggalek,” ujar Ganjar, usai memimpin Rapat Evaluasi Penanganan Covid-19, di Gedung A Lantai 2 Kompleks Pemprov Jateng, Senin (2/11/2020).

BACA JUGA : UMP Naik, Apindo Khawatirkan PHK, Ganjar Tenang Saja

Menurut dia, selama libur panjang kemarin, pihaknya melakukan random tes dengan cara rapid tes kepada 2.645 orang. Dari jumlah itu, 119 orang dinyatakan reaktif. Dan setelah di swab PCR, ditemukan ada empat orang yang dinyatakan positif.

”Sekarang kami lakukan tracing dan beberapa tindakan lainnya. Termasuk melakukan koordinasi dengan daerah asal wisatawan,” ungkap Ganjar.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, Yulianto Prabowo menerangkan, selama libur panjang lalu, pihaknya menggelar random tes di 11 lokasi.

”Selain di tempat wisata, random tes juga dilakukan di Gerbang Tol Kalikangkung, sejumlah rest area, dermaga Karimunjawa, Jembatan Timbang Ajibarang, dan beberapa tempat lainnya. Dari hasil random tes itu, ada empat yang dinyatakan positif,” tukas Yulianto.

Hery Priyono-Riyan