blank
Sejumlah pekerja UD Cahaya Dieng Wonosobo tengah mengupas buah Carica untuk diolah jadi minuman segar. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Produsen minuman Carica “Cahaya Dieng” H Ismaun meminta Pemkab Wonosobo ke depan lebih memperhatikan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pengolah minuman segar khas Dieng tersebut.

“Minuman segar Carica kini tengah menjadi primadona di Wonosobo. Tapi karena pandemi global Covid-19, produsen mengalami penurunan jumlah produksi dan pemasaran hingga mencapai 50 persen lebih,” keluhnya.

Keluhan tersebut disampaikan H Ismaun saat Calon Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat dan Wakil Bupati M Abar melakukan ramah tamah dengan karyawan UD “Cahaya Dieng” di rumah produksi, Wonobungkah Wonosobo, Rabu (21/10), siang ini.

Menurutnya, usaha pengolahan minuman Carica sebenanya sangat prospektif. Karena bahan baku jenis minuman segar dan manis hanya bisa ditanam di daerah dataran tinggi Dieng dan tidak bisa ditemukan di daerah lainnya.

“Carica ini merupakan tanaman yang langka. Ketika diolah menjadi minuman juga punya rasa yang khas. Segar dan manis. Banyak wisatawan yang suka sekali dengan minuman jenis ini. Jadi sangat prospektif untuk dikembangkan,” sebutnya.

Dukung Pariwisata

blank
Paslon Afif-Albar ketika bersilaturrahmi dengan karyawan produsen Carica UD Cahaya Dieng Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

Hanya saja, sambung H Ismaun, kelangkaan bahan baku kerap menjadi kendala bagi produsen minuman Carica. Bila bahan baku langka harga bisa sangat mahal, perkilo mencapai Rp 12.000. Harga ideal bahan baku Rp 5000-Rp 7000.

“Saya juga meminta Pemkab Wonosobo di masa yang akan datang selalu memantau kualitas produksi minuman Carica. Sebab jika kualitas buruk akan mempengaruhi pasar. Carica harus diproduksi dengan kualitas yang baik,” harapnya.

Calon Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat berkomitmen terus mengangkat produsen minuman Carica karena dapat mendukung sektor pariwisata. Kebangkitan UMKM minuman Carica juga sangat berperan bagi kemajuan ekonomi daerah.

“Mudah-mudahan pandemi virus Corona segera berakhir. Sehingga UMKM minuman Carica bisa cepat bangkit kembali. Pelaku usaha minuman ini harus bersatu agar bisa berkembang bersama,” pintanya.

Calon Wakil Bupati Wonosobo M Albar berharap pelaku usaha minuman Carica untuk bisa menggarap pasar ekspor. Pemkab Wonosobo siap membantu agar produk khas daerah ini bisa dipasarkan di luar negeri karena prospeknya sangat bagus.

Muharno Zarka-Wahyu