blank
Dekan FISIP Untag Semarang, Drs Dadang Asriyadi MSi Rektor Untag Prof Dr Drs Suparno MSi. fotp; Ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)  – Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Untag Semarang memetik hasil gemilang dengan diperolehnya sertifikat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

“Ini diperoleh melalui perjuangan keras dengan menekankan persatuan dan kekompakan berbagai pihak di lingkup kampus Untag beberapa tahun terakhir,” kata Dekan FISIP Untag Semarang, Drs Dadang Asriyadi MSi di kampus, Jalan Pawiyatan Luhur, Bendan Duwur, Semarang, Selasa (6/10/2020).

Menurutnya, hasil jerih payah semua pihak, akhirnya FISIP Untag meningkat dari akreditasi B menjadi terakreditasi A. “Target peningkatan akreditasi itu selain akan mengangkat fakultas juga universitas. Berbagai persiapan telah dilakukan sejak lama untuk membidik target tersebut,” jelasnya.

Dia menjelaskan, 12 September 2020 lalu asesor melakukan asesmen secara daring, yaitu Prof Dr Yulianto MSi dan Dr Leli. Dengan kerja sama secara kekeluargaan, lanjut Dadang, seluruh keluarga besar Untag Semarang fokus dan kompak, sehingga bisa memperoleh akreditasi A dengan nilai 366.

”Dengan diraihnya akreditasi A ini ke depan FISIP Untag mengupayakan segera membuka program doktor (S-3). Karena dengan terakreditasi A, maka FISIP sudah memenuhi syarat untuk membuka program doktor,” jelas Dadang.

Wakil Dekan II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Drs Yoseph Ulukyanan MSi menambahkan, ada beberapa standar yang harus dipenuhi fakultasnya untuk meraih akreditasi A. Yaitu terkait tujuan, sasaran, strategi pencapaian, tata pamong, dan kepemimpinan.

Lalu sistem pengelolaan, penjaminan mutu mahasiwa dan lulusan, sumber daya manusia, kurikulum, pembelajaran, serta suasana akademik. ”Manajemen pembiayaan, sarpras, sistem informasi, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kerja sama.

Sementara itu Rektor Untag Prof Dr Drs Suparno MSi menyatakan berterima kasih kepada semua pihak, baik LLDIKTI maupun keluarga besar sivitas Untag Semarang telah berkolaborasi secara kompak dan kekeluargaan, sehingga FISIP bisa mendapatkan nilai unggul yang membanggakan.

”Dengan semangat kekeluargaan dan kekompakan keluarga besar Untag, menjadi bukti bahwa Untag bisa. Buktinya bisa mendapatkan sertifikat akreditasi A dari BAN-PT untuk program studi Administrasi Publik,” ujar Suparno.

Solikun – trs