blank
Pjs Bupati Grobogan, Haerudin saat berdialog dengan tim Dinas ESDM untuk meminta keterangan terkait padamnya Api Abadi Mrapen. Foto : hana eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kabupaten Grobogan berharap padamnya api abadi di lokasi tempat wisata Api Abadi Mrapen kembali menyala.  Hal itu diungkapkan Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Grobogan, Haerudin, Jumat (2/10).

Menurut dia, api abadi Mrapen ini merupakan ikon yang tidak hanya dikenal di Provinsi Jawa Tengah saja. Tetapi, di tingkat nasional hingga internasional sudah mengenal Api Abadi Mrapen tersebut.

Baca juga Tim ESDM ke Mrapen Lagi; Penyebab Api Abadi Padam Belum Diketahui

“Seperti kita ketahui, Api Abadi Mrapen ini sudah jadi ikon. Tidak hanya (dikenal-red) di Jateng maupun nasional saja, tetapi sudah tingkat dunia. Selama ini, Api Abadi Mrapen ini sudah seringkali diambil untuk api obor even olahraga maupun acara keagamaan,” kata Haerudin, saat meninjau lokasi Api Abadi Mrapen, Jumat (02/10/2020).

Di kesempatan tersebut, Haerudin bertemu dengan Kasi Energi Dinas ESDM Wilayah Kendeng Selatan, Sinung Sugeng Arianto. Pihaknya langsung menanyakan terkait padamnya Api Abadi Mrapen tersebut.

Baca juga Api Abadi Mrapen Padam, Kronologi Kejadian Masih Diteliti ESDM Provinsi Jateng

Usai berdialog, pihaknya bersama rombongan dan tim dari Dinas ESDM meninjau langsung lokasi bekas pengeboran sumur yang sempat mengeluarkan air bercampur gas.

“Saat ini, dinas terkait masih melakukan kajian terkait padamnya Api Abadi Mrapen ini. Kita berharap, masalah ini bisa segera tertangani dan Api Abadi Mrapen bisa kembali menyala. Dari Pemkab Grobogan, tentunya akan memberikan dukungan penuh,” tambah pria yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jateng tersebut.

Dalam tinjauannya tersebut, Haerudin didampingi beberapa pejabat lain, seperti Kepala BPBD Grobogan, Endang Sulistyaningsih dan Ka Dinas Sosial Grobogan, Edi Santoso.

Hana Eswe-trs