blank
Sekretaris DPD PAN Kota Tegal, Fitriani. (foto: nino moebi)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Amin Rais sebagai pendiri PAN telah mendirikan Partai Politik baru. “Kalau saya prajurit, gimana ya, mau comentnya. Ya buat saya sangat disayangkan. Dan pasti berpengaruh bagi PAN,” kata Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Kota Tegal, Hj Fitriani saat dikonfirmasi Kamis (2/9/2020).

Hal itu menurut Fitrani, karena beliau sosok pendiri PAN yang sangat kita hormati. Tapi itu hak politik setiap warga indonesia yang dijamin konstitusi.

“Setiap warga negara bebas merdeka untuk berserikat, berkumpul, mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan, sebagaimana termaktub di pasal 28 UUD 1945,” kata Nur Fitriani yang juga Sekretaris Fraksi PAN DPRD Kota Tegal.

Fitiriani mengaku, munculnya Partai Umat besutan Amin Rais sedikit banyak pastilah berpengaruh baik internal maupun eksternal.

Semua partai tidak bisa menjamin kadernya nyebrang sana sini. Walau partai besar sekalipun. Dan fenomena seperti ini pernah dirasakan oleh semua partai. Yang terakhir kemaren adalah Partai Gelora yang didirikan oleh aktifis dari PKS

“Kalo kami sebagai DPD akan memperkuat koordinasi dengan cabang dan ranting serta kader kader PAN. Sekarang ini DPD PAN Kota Tegal memberikan tugas kepada fraksi untuk memperkuat keluarga binaan disetiap dapilnya dan konsolidasi yang berjalan, lalu dilaporkan ke DPD PAN Kota Tegal,” pungkas Fitriani.

Secara terpisah, Wakil Sekretaris Pimpinan Cabang Muhammadiyah Tegal Timur II, Kota Tegal, Asif Saefudin mengatakan, berdirinya Partai Umat menunjukan ada konflik ditubuh internal PAN dari mulai tingkat bawah hingga pusat yang masih bergulir.

“Pembentukan Partai Umat besutan Amin Rais membuktikan bahwa ditubuh PAN sendiri masih ada konflik internal yang belum terselesaikan,” tutut mantan anggota DPRD Kota Tegal periode 2004-2009 dari PAN Asif Saefudin.

“Konflik di tubuh PAN memanas dari sejak kongres PAN ke 5 di Kendari 10-12 Pebruari 2020 terus bergulir hingga Amin Rais membentuk Partai Umat,” ungkap Asif.

Diberitakan sebelumnya, Amien Rais mengumumkan nama partai politik itu pada hari ini. Amien Rais mengungkap nama partai barunya yakni Partai Ummat. “Mukaddimah Partai Ummat,” kata Amien Rais, lewat YouTube resmi Amien Rais, beberapa saat lalu.

Nino Moebi