blank
Kamis (2/10), di Kabupaten Wonogiri dilakukan pemakaman dua jenazah secara protokol kesehatan Covid-19, yakni di Kecamatan Baturetno dan di Kecamatan Nguntoronadi.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Lagi, di Kabupaten Wonogiri, Kamis (1/10), dimakamkan dua jenazah secara protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Corona Virus Disease (Covid)-19. Ini menjadi pemakaman secara Prokes Covid-19 yang ke 15, dalam tempo 19 hari terakhir ini di Kabupaten Wonogiri.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, semalam, menjelaskan, dua jenazah yang dimakaman pada hari Kamis (1/10), merupakan jenazah pasien dari RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Wonogiri, dan dari RSUD Dokter Moewardi Surakarta.

Jenazah atas nama Ny S (68) dari RSUD Dokter Soediran Mangun Soemarso Wonogiri, adalah warga asal Dusun Sambirejo, Desa Bumiharjo, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri. Yang proses pemulasaraannya (pangrukti layon) dilakukan oleh Tim Medis RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Wonogiri.

blank
Tim-1 Gugus Tugas Covid Kabupaten Wonogiri, memakamkan jenazah secara protokol kesehatan di TPU Pagersari Desa Belikurip, Kecamatan Baturetno (sekitar 55 Kilometer arah selatan Ibukota Kabupaten Wonogiri).

TPU Ngastroloyo
Kemudian prosesi pemakaman secara protokol kesehatan Covid-19, dilakukan oleh Tim-1 Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Wonogiri, di Taman Pemakaman Umum (TPU) Ngastroloyo, Dusun Temoyo, Desa Bumiharjo, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri. Penguburannya berlangsung mulai Pukul 11.42 sampai dengan Pukul 12.36.

Selanjutnya, untuk jenazah pasien pria berinisial S (51) adalah penduduk asal Dusun Pagersari, Desa Belikurip, Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri. Yang pemulasaraan jenazahnya dilakukan oleh Tim Medis RSUD Dokter Moewardi Surakarta.

blank
Tim-2 Gugus Tugas Covid Wonogiri, memakamkan jenazah secara protokol kesehatan di TPU Ngastroloyo, Desa Bumiharjo, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri.

Selanjutnya, pemakamannya dilaksanakan oleh Tim-2 Gugus Tugas Kabupaten Wonogiri bersama relawan Search And Rescue (SAR) Baturetno dan relawan Jogo Tonggo Desa Belikurip, Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri. Penguburannya berlangsung mulai Pukul 12.15 sampai dengan Pukul 13.30, di TPU Pagersari Desa Belikurip, Kecamatan Baturetno (sekitar 55 Kilometer arah selatan Ibukota Kabupaten Wonogiri).

Tim Gugus Tugas Kabupaten Wonogiri yang melaksanakan prosesi pemakaman di dua wilayah kecamatan secara terpisah itu, terdiri atas para personel BPBD Kabupaten Wonogiri, prajurit TNI-AD Kodim 0728 dan anggota Polres Wonogiri, bersama relawan dari SAR Wonogiri dan relawan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Wonogiri.

Ikut hadir untuk menyaksikan kegiatan pemakaman, Camat bersama jajaran Forkompimcam Nguntoronadi dan Baturetno, bersama Tenaga Kesehatan (Nakes) dari Puskesmas di dua kecamatan tersebut, Aparat Desa Bumiharjo dan Desa Belik Urip bersama perwakilan dari keluarga.

Bambang Pur