blank
Sekda Jepara, Edy Sujatmiko S.Sos, MM,MH saat menandatanganbi berita acara pembukaan MPP Jepara

JEPARA(SUARABARU.ID) – Pemerintah Kabupaten  Jepara secara resmi membuka Mal Pelayanan Publik (MPP), pada Kamis, (1/10/2020) pagi. Mal Pelayanan berada di Lantai I Kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bersama, dibuka oleh Sekda Jepara Edy Sujatmiko, S.Sos, MM, MH  dan para pejabat terkait.

blank
Peremian MPP Jepara oleh Sekda Jepara, Edy Sujatmiko S.Sos, MM,MH.

Pada Mal Pelayanan Publik ini terdapat 19 gerai dari berbagai perangkat daerah, yang terdiri dari 10 dinas kabupaten, 2 dinas provinsi, dan 8 instansi vertikal yang membuka layanan di MPP Jepara. Total ada 222 perizinan dan non perizinan yang dapat dilayani di MPP Jepara  saat ini.

Bupati Jepara Dian Kristiandi S.Sos dalam sambutan yang disampaikan  Sekda Jepara Edy Sujatmiko S.Sos, MM, MH mengatakan  MPP ini dapat meningkatkan daya saing global dalam memberikan kemudahan berusaha di daerah. “Iklim berusaha akan lebih mudah terutama terkait perizinan yang lebih cepat, terpadu, efektif, dan efisien,” ujarnya

Disampiung itu masyarakat akan semakin mudah mengakses berbagai jenis layanan yang ada di instansi pemerintah di satu tempat, baik mulai perijinan, administrasi kependudukan, pajak, retribusi, hingga aduan, dan konsultasi. “Semua itu, dilakukan untuk memberikan pelayanan cepat, dan terbaik untuk masyarakat,” ujar  Edy Sujatmiko.

blank
Sekda Edy Sujatmiko dan pejabat terkait mengunjungi konter pelayanan

MPP Jepara ini sebenarnya sudah mulai dibuka sejak 1 Juli 2020, namun baru sebatas uji coba. Pembukaan uji coba secara bertahap telah ditinjau dan mendapat apresiasi postif dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), yang diwakili Deputi Bidang Pelayanan Publik.

“Keberadaan MPP ini dinilai telah mampu memudahkan publik dalam mengakses pelayanan yang terintegrasi dalam satu tempat, Namun ada pula saran dan masukan, yang sudah kali laksanakan,” kata dia.

MPP ini  sudah dilengkapi berbagai fasilitas penunjang mulai dari pusat informasi, ruang laktasi, musala, ruang rapat, kursi roda, pojok baca, dan ruang bermain anak. Kebaraannya sangat strategis, karena memiliiki area parkir yang luas dan berada di jantung kota.

Hadepe – ua