blank
Bupati Kebumen Yazid Mahfudz didampingi Sekda Ahmad Ujang Sugiono dan Kepala DPU PR Haryono Wahyudi memantau pekerjaan proyek jalan di wilayah Kebumen barat.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz mengingatkan kepada pihak ketiga kontraktor pelaksana poyek fisik untuk melaksanakan pekerjaan sesuai spesifikasi dan  menyelesaikan pembangunan tepat waktu.

Bupati Yazdi Mahfudz mengingtakan hal itu sewaku mengecek sejumlah proyek pembangunan di wilayah Kebumen barat, Rabu (30/9) sore.  Beberapa proyek yang dipantau yaitu peningkatan Jalan Selokerto-Buayan, pembangunan Puskesmas Buayan dan peningkatan Jalan Geblug-Candirenggo Ayah.”Spek dan waktu pekerjaan harus dipatuhi betul sehingga tidak akan terjadi pemutusan kontrak maupun denda,” tegas Bupati Yazid Mahfudz.

Menurut Bupati, kegiatan pembangunan di bidang konstruksi dilakukan dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat dan meningkatkan pendapatan daerah. Peningkatan jalan akan mempermudah masyarakat dalam aktivitas ekonomi dan manfaatannya lebih lama. Untuk pembangunan puskesma, dilaksanakan guna memaksimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

blank
Bupati Kebumen Yazid Mahfudz dan Sekda Ahmad Ujang Sugiono meninjau pembangunan Puskesmas di Kecamatan Buayan.(Foto:SB/Ist)

Perkembangan pekerjaan pengawasan pekerjaan peningkatan Jalan Selokerto-Buayan  sampai Minggu ke 8 periode 21-27 September 2020 realisasinya mencapai  25,65  %, dari rencana  8,44 %. Dengan demikian ada percepatan pekerjaan 17,21 persen.

Adapun nilai proyek yang dikerjakan oleh PT Aditya AP ini sebesar Rp 2,3 miliar, berasal dari APBD 2020 (DID). Sedangkan, panjang jalan yang ditingkarkan 161 meter rigit beton dan 554 meter aspal.

Pembangunan Puskesmas Buayan telah terealisasi 67,60 persen dari target 61,61 persen atau lebih cepat 5,99 persen. Proyek yang dikerjakan oleh PT Surya Indah Anugrah menelan anggaran Rp 2,9 miliar yang berasal dari APBD (DBHCHT).”Di Puskesmas ada kendala masala listrik. Kebutuhannya 23.000, baru dipenuhi 11.000. Saya langsung telpon PLN agar dipenuhi 23.000,”ujar Yazid Mahfudz.

blank
Bupati Kebumen Yazid Mahfudz didampingi Sekda Ahmad Ujang Sugiono menjawab pertanyaa media saat peninjauan proyek di wilayah barat.(Foto:SB/Ist)

Peningkatan Jalan Geblug (Buayan)-Candirenggo Kecamatan Ayah telah terealisasi 15,78 persen dari target 13,90 persen. Proyek itu dikerjakan PT Serayu Putra Persada, menelan anggaran Rp 9,9 miliar, dari Bantuan Provinsi (Banprov) Jawa Tengah. Jalan Geblug-Candirenggo sepanjang 7 kilometer ditingkatkan dari sebelumnya 3 meter menjadi 4 meter.

Komper Wardopo