blank
Suasana jalan raya di depan SPBU Sawangan Leksono Wonosobo yang terbakar semalam. Foto : SB/dok

WONOSOBO (SUARABARU.ID)-SPBU Sawangan Leksono Wonosobo, Senin (28/9) malam, terbakar. Api diduga berasal dari mobil yang tengah mengisi bahan bakar minyak (BBM).

Salah satu saksi mata, Sari (53) warga Desa Selokromo Leksono, Wonosobo mengatakan kebakaran terjadi tengah malam. Api diduga berasal dari salah satu pengisian BBM.

“Kejadiannya sekitar pukul 00.00 WIB tadi malam. Ada suara seperti ledakan, saya sempat kaget. Pas keluar ternyata ada kebakaran dari salah satu pengisian BBM,” ujarnya saat ditemui di lokasi kejadian, Selasa (29/9).

Pemilik warung makan depan SPBU Sawangan ini mengatakan api kemudian menjalar ke minimarket yang berada di lokasi SPBU tersebut. Api baru bisa dipadamkan dua jam berikutnya, sekitar pukul 02.00 WIB.

“Sekitar jam 2 api baru padam. Setelah banyak mobil pemadam kebakaran banyak yang datang. Tapi jumlah tepatnya berapa mobil pemadam tidak tahu,” kata dia.

Mobil Terbakar

blank
Api membara membakar SPBU Sawangan Leksono Wonosobo semalam. Foto : SB/dok

Dalam kejadian ini, tidak mengakibatkan korban jiwa. Saat ini, mobil jenis minibus hangus terbakar. Selain itu, bagian atap SPBU rusak terbakar dan sebagian dinding minimarket.

“Untungnya tidak ada korban jiwa. Hanya ada mobil rusak yang terbakar. Sebenarnya sempat mau didorong menjauh, tapi terburu kebakar,” terangnya.

Kepala BPBD Wonosobo Zulfa Akhsan Alim K membenarkan adanya kejadian kebakaran di SPBU Sawangan pada pukul 23.45 WIB, Senin (28/9) malam. Api berasal dari salah satu kendaraan yang tengah mengisi BBM.

“Iya benar ada SPBU Sawangan terbakar pada pukul 23.45 WIB tadi malam. Jadi ada kendaraan yang sedang mengisi BBM, kemudian muncul percikan api dan mengakibatkankan kebakaran SPBU,” terangnya.

Pihaknya pun segera mengirim tim dan mobil pemadam kebakaran. Tim pemadam kebakaran segera menyemprotkan air untuk memadamkan api. Atas kerja sama semua pihak, dalam waktu tak lama, api bisa dipadamkan.

Muharno Zarka-Wahyu