blank
Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS (kiri) menyerahkan piagam penghargaan pada Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto, pada acara PWI Award 2020. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto mendapatkan penghargaan bidang Inovasi Parlemen Modern dan Gagasan TV Parlemen, dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jateng. Penghargaan diberikan dalam acara PWI Award 2020, yang digelar di Arcadia Ballroom, Aston Inn Pandanaran Semarang, Sabtu (26/9/2020).

Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS mengatakan, ada 11 tokoh yang meraih penghargaan pada tahun ini. Pihaknya menilai, para tokoh itu merupakan orang-orang pemberani, karena mereka konsisten untuk menjadi pelopor dan teladan bagi masyarakat.

”Oleh karena itu, kami tidak ragu menetapkan pilihan, karena sebelumnya telah dikaji dan dipertimbangkan dengan cermat, sehingga mereka layak menerima penghargaan,” kata Amir Machmaud yang baru saja terpilih kembali sebagai Ketua PWI Jateng Periode 2020-2025.

BACA JUGA : RI Tegaskan Vanuatu Bukan Wakil Warga Papua

Dia menambahkan, seharusnya PWI Award dilangsungkan pada April 2020 lalu di Kabupaten Kudus. Namun karena adanya pandemi, maka pelaksanaannya pun diundur.

”Kami ucapkan terima kasih kepada kawan-kawan wartawan dan para tokoh. Tahun depan, kami berharap tetap bisa menggelar acara serupa, dengan sejumlah nama-nama tokoh dari akademisi, pemerintahan, unsur pengelola, dan tourism yang berperan besar untuk Provinsi Jateng. Kami juga berharap, PWI tetap menjadi mitra yang baik bagi semua pihak,” tukas dia.

Sementara itu, Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto sendiri mengapresiasi penghargaan yang diterima dari organisasi wartawan ini. Dia berharap, dengan bekal penghargaan itu, kinerjanya sebagai legislator dapat terus dipacu untuk melayani masyarakat dan membangun Provinsi Jateng menjadi lebih baik lagi.

Soal penghargaan bidang Inovasi Parlemen dan Gagasan TV Parlemen yang diterimanya, dia mengaku selama ini DPRD perlu menerapkan teknologi informasi dalam penyerapan aspirasi masyarakat. Salah satunya melalui media sosial dan televisi digital. Sebab, sistem keterbukaan sudah saatnya diterapkan sebagai bentuk transparansi informasi lembaga.

”Sudah saatnya pola konvensional diganti dengan sistem keterbukaan yang lebih modern seperti media sosial dan Berlian TV yang baru kami luncurkan. Kami berharap masyarakat dapat lebih mudah mengakses dan menyampaikan aspirasinya kepada DPRD,” kata politisi PDI Perjuangan itu.

Selain Bambang Kusriyanto, 10 tokoh penerima PWI Award 2020 adalah Benny Riyanto (Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional), Firman Soebagyo (Anggota DPR RI), Irwan Hidayat (Direktur PT Industri Jamu & Farmasi Sido Muncul Tbk), Wihaji (Bupati Batang), Hevearita Gunaryanti Rahayu (Wakil Wali Kota Semarang).

Lima tokoh lainnya adalah Saiful Arifin (Wakil Bupati Pati), Bayu Andriyanto (Wakil Bupati Rembang), AKBP Rudy Cahyo Kurniawan (Kapolres Kebumen), Liem Chie An (penggagas Borobudur Marathon) dan Gunarto (Dekan Fakultas Hukum Unissula).

Riyan