blank
Rapat koordinasi pimpinan DPRD Jepara dengan pimpinan Pansus yang dipimpin oleh Plt Ketua DPRD Kepara, Drs. H. Junarso

JEPARA(SUARABARU.ID) – Pansus Penguatan dan Percepatan Penanganan Covid-19 di Jepara yang terbentuk dalam rapat paripurna DPRD Jepara Rabu (16/9-2020) telah menyelesaikan rancangan program kerja dan jadwal kegiatannya.

Sebelumnya telah dilakukan maping secara detail persoalan yang dihadapi dalam penanganan covid-19 berdasarkan inventarisasi permasalahan yang ada.

Hal tersebut diungkapkan Plt Ketua DPRD Jepara, Drs. H.Junarso kepada SUARABARU.ID seusai memimpin rapat koordinasi pansus bersama wakil ketua H. Pratikno,  Sabtu (26/9-2020). Akhir bulan akan kita bahas dalam rapat penyusunan rencana kerja DPRD Jepara, tambahnya

“Untuk menampung aspirasi masyarakat, pansus juga sepakat akan membuka hotline khusus dan juga akan ada public hearing atau audiensi public untuk mendapatkan masukan masyarakat,” ujar Junarso.

Sementara Ketua Pansus bidang kesehatan,  Nur Hidayat menyatakan, sesuai semangatnya, pansus penguatan dan percepatan penanganan covid-19 ini adalah untuk melindungi warga masyarakat agar dapat segera  masuk pada fase kenormalan baru.

“Karena itu sebagai bentuk pertanggung jawaban dan transparansi atas pelaksanaan fungsipengawasan DPRD, pansus akan menyampaikan hasilnya secara periodik kepada warga masyarakat. Juga perkembangan dan rekomendasi,” tambah Nur Hidayat.

Menurut Nur Hidayat, dari inventarisasi masalah, bidang kesehatan harus lebih dimaksimalkan untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19 melalui testing, tracing dan treatment. Akhir bulan akan dilakukan finalisasi program dan jadwal kegiatan,” ujar Nur Hidayat, anggota DPRD dari fraksi Nasdem. Jika tidak dilakukan penanganan secara cepat dan komprehensif maka, wabah ini akan semakin lama, tambahnya.

Sedangkan Ketua Pansus Bidang Pemulihan Ekonomi,  Sunarto, S.Sos yang dihubungi SUARABARU.ID, Minggu pagi menjelaskan, berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan pimpinan dewan, maka awal bulan Oktober pansus akan mulai tugasnya.

“Kami sangat terbuka untuk menerima masukan dan informasi dari warga masyarakat terkait dengan pemulihan dampak ekonomi akibat covid-19,” ujar Sunarto, anggota DPRD dari fraksi Nasdem.

Sementara Ketua Pansus Bidang jaring pengaman sosial, Sutrisno menjelaskan, rapat koordinasi pimpinan DPRD dan pimpinan pansus telah menyepakati agenda yang akan dilakukan.

“Tentu semuanya bermuara pada pelaksanaan  fungsi pengawasan dewan, guna penguatan dan percepatan penanganan covid-19 di Jepara,” ujar anggota DPRD Jepara dari fraksi PDI Perjuangan.

Karena itu kami sangat menghargai jika ada warga masyarakat yang memberikan masukan obyektif kepada kami, tambahnya.

Hadepe