blank

TEGAL (SUARABARU.ID) – Salahsatu siwi Sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Tegal, mulai hari ini Sabtu (12/9/2020) diliburkan karena ada yang terkonfimasi positif Covid-19.

“Sekolah MAN diliburkan sampai nanti kondisi aman,” kata Kepala Tata Usaha (TU) MAN tersebut, Siti Umi Hani saat ditemui wartawan Sabtu (12/9/2020).

Siti Umi Hani menjelaskan, pada Jumat (11/9/2020) pihaknya mendapat kabar melalui telepon dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal, yang mengabarkan atas laporan dari Puskesmas bahwa ada siswi kami Madrasah Aliyah Negeri (MAN) yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Selanjutnya Siti Umi Hani ke Kantor Dinas Kesehatan menemui Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinkes Kota Tegal, Halamah. Oleh Halamah direrangkan bahwa atas nama N (17) Kelas XI IPS domisili Kelurahan Randugunting, Kecamatan Tegal Selatan, terkonfirmasi positif Covid-19, Untuk faskes pertama di Puskesmas Bandung, Tegal Selatan.

Yang bersangkutan pada 2 September 2020, periksa di Puskesmas Bandung dengan keluhan batuk, pilek dilakukan swab dan hasilnya 2 minggu kemudian yakni Jumat (11/9/2020).

Selama satu minggu siswi bersangkutan baru simulasi kurikulum datang ke sekolah. Dia belum tahu bahwa dirinya terkonfirmasi Covid karena hasil swab belum keluar. “Hasil swab keluar pada Jumat (11/9/2020) siang saya diberitahu dari Dinkes melalui telepon,” tutur Siti Umi Hani.

Siti Umi Hani mengaku, pihak sekolah mewajibkan bagi siswa-siswi untuk mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka menyertakan surat pernyataan dari wali murid dilengkapi surat keterangan sehat dari Puskesmas yang menyatakan sehat.

“Saat siswi tersebut menyerahkan surat dari wali murid dan surat sehat dari Puskesmas anak tersebut dalam keadaan sehat. Pelaksanaan KBM kami tetap pakai protokol kesehatan, kelas hanya diisi 50 prosen dari kapasitas hanya 14 siswa per ruangan. Masuk bergantian dengan sistim absen ganjil genap,” kata Siti Umi. Untuk riwayat orang tua siswa pedagang di pasar Bandung, Tegal Selatan.

Arahan dari Dinkes Kota Tegal, tracing akan dilakukan pada Senin (14/9/2020) memdatang untuk guru yang mengajar dan para siswa-siswi yang berinteraksi langsung dengan siswi N akan dilakukan rapid tes dan swab. Siswi bersangkutan saat ini melakukan isolasi mandiri

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinkes Kota Tegal, Halamah melalaui pesan singkat membenarkan bahwa ada siswa MAN yang terkonfirmasi positif.

“Pihak keluarga sudah kita tracking masih menunggu hasil. Selain itu kita juga akan melakukan tracking teman sekelas dan guru pengajar,” singkat Halamah.

Nino Moebi