blank

SLAWI (SUARABARU.ID) – Bertempat di Aula Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Yogyakarta Kamis 10 September 2020 dilakukan penyerahan Laporan Hasil Penelitian “Strategi Kabupaten Tegal Menuju Smart City”.

Laporan Hasil Penelitian “Strategi Kabupaten Tegal Menuju Smarti City” diserahkan oleh Kepala BPSDMP Kominfo Yogyakarta Drs Zulkurnain dan diterima oleh Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie, BSc yang didampingi juga oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tegal Dessy Arifianto, SSos, MT.

Sebelumnya Peneliti BPSDMP Kominfo telah melakukan penelitian dengan mengumpulkan data dan wawancara dengan beberapa Perangkat Daerah di Kabupaten Tegal sebagai objek penelitian pada bulan Februari 2020.

Zulkurnain dalam sambutannya mengatakan, tugas penelitian selain untuk menemukan teori baru, juga memotret data real di sekitar objek penelitian dan menyajikannya sesuai koridor penelitian sehingga dalam konteks di pemerintahan dapat membantu untuk mengetahui poin-poin mana saja yang sudah tercapai, mana yang harus dijadikan prioritas, dan mana yang harus di maintain.

Penelitian Smart City di Kabupaten Tegal melibatkan personel Peneliti Madya dan Peneliti Muda di lingkungan BPSDMP Kominfo. Disampaikan Zulkurnain dalam menutup sambutannya bahwa Peneliti boleh salah dalam melakukan penelitian, namun tidak boleh bohong dalam proses melakukan penelitian.

Peneliti Madya BPSDMP Kominfo dalam paparan singkatnya mengatakan bahwa Kabupaten Tegal dapat memprioritaskan dimensi Smart City sebagai berikut : Smart Economy, Smart Environment, dan Smart Living tanpa mengabaikan dimensi Smart City lainnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Tegal mengatakan dalam sambutannya bahwa Smart City dibuat untuk mendukung RPJMD bukan sebaliknya dan esensi Smart City bukanlah hanya tentang penggunaan teknologi namun lebih kepada perbaikan layanan publik.

Wakil Bupati Tegal menutup sambutannya dengan menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada BPSDMP Kominfo atas penelitian yang dilaksanakan di Kabupaten Tegal.

Arif Rahman