Perpustakaan Kota Magelang saat diverifikasi akreditasi secara virtual oleh Perpustakaan Nasional, (Prog Prokompim, Pemkot Magelang)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Perpustakaan Kota Magelang mempersiapkan diri menjadi perpustakaan berstandar nasional. Berbagai upaya peningkatan kualitas pelayanan telah dilakukan, termasuk menyelesaikan verifikasi akreditasi secara virtual

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Magelang, Isa Ashari menerangkan, verifikasi akreditasi oleh tim asessor dari Perpustakaan Nasional adalah tahapan yang harus dilalui agar memperoleh predikat akreditasi.

Sebelumnya, pihaknya telah mengirim borang (blangko) berisi data ke Perpustakaan Nasional. Data tersebut kemudian diperiksa dan diverifikasi oleh tim asesor secara virtual, Kamis (27/8/2020).

‘’Semua aspek yang dinilai meliputi koleksi buku-buku, sarana-prasarana, struktur organisasi, jumlah pengunjung, literasi dan hubungan antarperpustakaan,’’ tuturnya Senin.

Setelah diperiksa, pihaknya diberikan waktu untuk memaksimalkan data-data yang ada.

‘’Ada rekomendasi yang harus ditinjaklanjuti, video profil, video pelaksanaan, administrasi dan kebijakan ada sedikit kesalahan untuk diperbaiki, mereka bersifat pembinaan, sehingga membina untuk memperbaiki kita,’’ tuturnya.

 

Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Magelang, (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

Mantan Kepala Disperindag itu menuturkan, proses ini merupakan upaya untuk meningkatkan budaya literasi bagi generasi muda.

Menurutnya, membaca tidak hanya buku, namun membaca bisa berkaitan dengan banyak hal seperti membaca kondisi, membaca peluang, membaca pikiran termasuk membaca kondisi Covid-19 sehingga kita dapat menaati protokol kesehatan.

‘’Kami berharap masyarakat harus gemar membaca. Apalagi kalau tidak mau mengubah diri akan lebih sulit untuk menjadi lebih baik. Sebenarnya apapun yang kita lakukan akan kembali untuk diri kita,’’ terangnya.

Setelah akreditasi ini selesai, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan akan melaju untuk mempersiapkan peningkatan mutu melalui ISO.

Penulis  : pro/kotamgl

Editor    : Doddy Ardjono