blank
Anggota PWI Kabupaten Magelang berfoto bersama, hari ini.

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Magelang menyatakan sepakat mendukung Amir Machmud NS dalam pemilihan Ketua PWI Provinsi Jawa Tengah periode 2020-2025 yang akan digelar di Semarang, pada 18-19 September 2020 mendatang.

Ketua PWI Kabupaten Magelang Y  Bagyo Harsono mengungkapkan kepemimpinan Amir Machmud terbukti memberikan dampak positif bagi PWI Kabupaten Magelang.

“Yang paling jelas adalah adanya bimbingan sehingga PWI Kabupaten Magelang yang semula tidak aktif, menjadi terbentuk kembali dengan pengurusan aktif bahkan kami berinovasi melakukan beragam kegiatan, melibatkan wartawan maupun para stakeholder lain, yang tujuannya membangun wilayah Kabupaten Magelang,” jelas Bagyo, Jumat (4/9/2020).

Ia menjelaskan pengurus di Magelang merasa diayomi, dilindungi dan diperhatikan, salah satunya dengan seringnya jajaran kepengurusan Amir Machmud keliling ke kabupaten dan kota untuk sosialisasi program kerja, kunjungan kerja, bahkan sekadar silaturahmi dengan ngopi bareng.

Tidak hanya tentang kelembagaan, keanggotaan PWI para wartawan di daerah pun lebih diperhatikan. “Ini terbukti dengan status kartu-kartu teman-teman wartawan yang sejak beberapa waktu lalu sudah tertata, dan menjadi aktif kembali setelah sekian lama, bahkan bertahun-tahun, banyak status kartu PWI yang habis masa aktifnya,” tambah Bagyo.

PWI Jateng, lanjutnya, juga turut berupaya mengembangkan kapasitas para wartawan dengan memfasilitasi ujian kompetensi wartawan (UKW). Bukan hanya meningkatkan kemampuan, UKW juga memberikan banyak informasi baru terkait regulasi jurnalisme masa kini.

Lebih lanjut, Bagyo juga mengaku pengurus di daerah terkesan dengan inovasi PWI Jateng untuk perayaan HPN tingkat provinsi yang berganti lokasi di daerah-daerah, tidak lagi terpusat di Semarang.

“Keberadaan PWI daerah menjadi terasa lebih diperhatikan, baik oleh PWI Jateng maupun stakeholder seperti pemkab/pemkot. Sebab kegiatan ini tidak hanya melibatkan profesi wartawan tetapi juga pihak-pihak lain yang bekerja sama, PWI kab/kota semakin memiliki nilai tawar untuk bisa bersinergi dan berkaloborasi dengan mereka,” tuturnya.

Bagyo mengungkapkan PWI Jateng di bawah kepemimpinan Amir Machmud juga sangat terbuka menerima kritik, saran dan masukan dari daerah.

Sekretaris PWI Kabupaten Ali Subchi menambahkan,  kepengurusan PWI Jateng saat ini sudah sangat bagus, terutama jalinan komunikasi dan silaturahmi sudah berjalan sangat harmonis antara PWI Jateng dan daerah. Untuk itu, diusulkan agar terjadi keharmonisan lebih erat, bagaimana jika kepengurusan PWI Jateng mendatang melibatkan teman-teman di daerah, sehingga tali silaturahmi lebih dekat lagi.

“Kami mengusulkan kepada pengurus PWI Jateng periode 2020 – 2025  bisa melibatkan pengurus PWI di daerah, agar ada keterwakilan, dan hubungan komunikasinya lebih baik lagi, meski sekarang sudah bagus. Tapi kalau teman daerah jadi pengurus tingkat Jateng, akan lebih  mempererat, baik dengan PWI Jateng maupun daerah di se Jateng,” tambah Ali.

Eko Priyono