Test urine pegawai Rutan Purworejo

PURWOREJO (SUARABARU.ID)– Untuk Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) sesuai arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan, hari ini, Kamis (3/9) dilaksanakan tes urine di Rutan Kelas 2B Purworejo.

Pemeriksaan tes urine narkoba bagi pegawai dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) serta Skrining HIV bagi WBP bekerja sama dengan Polres dan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Purworejo.

“Saya percaya dari seluruh pegawai kita, kesemuanya bersih dari penyalahgunaan narkoba. Jadi, jangan takut kalau dilakukan pemeriksaan semacam ini (tes urine narkoba)”, kata Kepala Rutan, Lukman Agung Widodo saat memberi sambutan di Aula Baharudin Lopa.

Ratusan WBP sedang diberi pengarahan oleh Kepala Rutan, Lukman Agung Widodo

Sebanyak 60 pegawai rutan melakukan tes urineĀ disaksikan oleh Petugas Polres Purworejo dan Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo. Selanjutnya, 128 warga binaan dites urine dan diskrining HIV.

“Kegiatan skrining HIV sebagai bentuk kepedulian rutan pada kondisi WBP. Sebagai langkah preventif deteksi dini HIV. Kami berharap, dengan adanya MoU yang telah di tanda tangani dengan Polres Purworejo maupun Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo, bisa semakin mendukung dalam pelaksanaan tugas dan fungsi pemasyarakatan di Rutan Purworejo,” tambah Lukman.

Hasil dari tes urine pada pegawai dan WBP semuanya nihil narkoba. Hasil skrining HIV pun semua WBP non reaktif.

TALETHA