H. Syamsul Anwar SE, Ketua KONI Kab. Jepara

JEPARA (SUARABARU.ID)– Pembenahan besar-besaran di tubuh Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Jepara tengah dilakukan H. Syamsul Anwar, SE selaku Ketua baru. Terutama peningkatan sarana dan prasarana, sumber daya manusia, pembinaan, dan anggaran. Sesuai dengan yang ditargetkan Bupati Jepara posisi 5 besar tingkat Jawa Tengah, dengan slogan “Jepara Emas”.

Dalam audien dengan Komisi C DPRD Kabupaten Jepara, Kamis, (3/9/2020) di ruang rapat Komisi C Syamsul Anwar memaparkan banyak hal terkait dengan apa yang sedang terjadi di tubuh KONI Jepara. Tahun ini ada 8 Cabang olahraga (cabor) baru yang siap didirikan, dari 35 cabor menjadi 43. Maka dari itu dibutuhkan kontruksi baru sistem pembinaan olah raga serta dukungan Pemerintah Kabupaten terkait anggaran dan sarana prasarana untuk target “Jepara Emas” dan lima besar di Porprov 2023 mendatang.

Dari pantauan suarabaru.id yang ikut hadir dalam audien tersebut, perwakilan KONI diterima Ketua Komisi C Nur Hidayat beserta anggotanya. Dalam kesempatan itu Syamsul Anwar mengungkapkan pembenahan besar-besaran harus dilakukan KONI Jepara jika ingin bersaing dengan daerah-daerah lain. Terutama dalam hal pembinaan atlet dan tata kelola organisasi. Lebih lanjut ia mengatakan anggaran untuk pembinaan atlet saat ini masih jauh dari harapan.

Audiensi dengan Komisi C DPRD Kab. Jepara

“Bagaimana kita bisa berkompetisi dengan daerah lain, target lima besar tingkat Jawa Tengah saja sulit terpenuhi jika pembinaan atlet di Jepara masih terkendala dengan pendanaan sebagai upaya menyejahterakan para atlet”, ujarnya.

Sebagai contoh, di beberapa daerah di Jawa Tengah, anggaran untuk pembinaan para atlet bisa mencapai puluhan milyar, bahkan ada yang sampai 30 milyar. Sebagai perbandingan, anggaran untuk KONI Jepara di tahun 2020 sebesar 4,5 milyar. Itupun dipotong 50% untuk penanganan Covid- 19″, lanjut Syamsul.

“Tidak heran jika banyak atlet yang menyebrang ke daerah lain karena perhatian kepada atlet lebih besar, terutama kesejahteraan atlet. Saat ini para atlet yang sedang membela daerah lain ingin kembali membela Jepara. Maka dari itu kami berharap aspirasi ini bisa dipertimbangkan para anggota dewan yang berada di Komisi C”, ujar Syamsul dalam audien tersebut.

Sementara itu, Ketua Komisi C Nur Hidayat berterimakasih kepada Ketua KONI Jepara atas silaturahmi ini sebagai sarana untuk menjalin komunikasi dengan anggota dewan yang memang salah satunya membidangi masalah olahraga.

Nur Hidayat mengatakan, jika Bupati menargetkan KONI Jepara di posisi lima besar tingkat Jawa Tengah, ia justru menargetkan peringkat pertama. “Kami akan mensuport secara total untuk prestasi olahraga Jepara, kalau bisa tidak hanya lima besar, namun peringkat pertama tingkat Jawa Tengah”, ujar Nur Hidayat.

Hadepe / ua