blank
Pemasangan Pataka oleh Camat Semarang Tengah, didampingi Kapolsek dan Wadanramil dalam peresmian Kampung Siaga Candi, Jumat (28/8/2020). Foto: absa

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Kelurahan Miroto di Kecamatan Semarang Tengah, meresmikan Kampung Siaga Candi Hebat, yang mengambil tempat di Jalan Batan Timur Raya RT 02 RW 04 Semarang, Jumat (28/8/2020).

Pembentukan Kampung Siaga Candi Hebat ini, seperti yang disampaikan Widianto, yang juga menjabat sebagai Ketua RW 04 Kelurahan Miroto itu, berangkat dari kesadaran warga untuk membantu pemerintah dalam pencegahan covid-19.

”Ini semua terbentuk atas swadaya warga. Dan dalam pencanangan ini, lebih menyemangati kita dalam bekerja, serta saling menjaga warga,” jelasnya.

BACA JUGA : Babinsa Wonotingal Sosialisasikan Penggunaan Masker dan Imbauan Protokol Kesehatan

Sedangkan Camat Semarang Tengah, Abdul Haris Nur Hidayat SSos dalam keterangannya mengatakan, kegiatan ini bukan untuk kepentingan pemerintah, namun lebih untuk kepentingan bersama, khususnya warga RW 04.

”Kegiatan seperti ini, diharapkan jangan hanya sebagai acara seremonial saja. Tetapi niat ibadah untuk membantu warga yang terdampak covid-19, termasuk membantu pemerintah. Disamping itu, nantinya akan kita lombakan, baik di tingkat kecamatan maupun kota,” papar Abdul Haris.

blank
Sebagian warga Kelurahan Miroto, terlihat antusias mengikuti acara peresmian Kampung Siaga Candi. Foto: absa

Ditambahkan dia, dalam lomba nanti tiap kelurahan nantinya mengirimkan satu wakil. Dan pemenangnya mewakili kecamatan dalam lomba di tingkat Kota Semarang. Hadiah untuk pemenang berupa umrah untuk dua orang dan fasilitas dana pembangunan di luar Musrenbang.

Pada kesempatan yang sama, Kapolsek Semarang Tengah, AKP Didi Dewantara menyebutkan, hingga Rabu (26/8/2020), berdasarkan data yang masuk, terkonfirmasi positif covid-19 di Kota Semarang berjumlah 4.514 orang, dirawat 342 orang, yang dinyatakan sembuh 3.717 orang dan meninggal dunia sebanyak 455 jiwa.

”Tentu ini menjadi keprihatinan kita bersama, karena Semarang masih kategori merah. Oleh sebab itu, dengan partisipasi dan kesadaran kita semua, kita bentuk yang namanya Kampung Siaga Candi Hebat Covid-19, sebagai wujud partisipasif warga masyarakat,” tutur Kapolsek.

Absa-Riyan