blank
Camat Pracimantoro, Warsito (kiri), menerima cenderamata dari peserta Bimtek yang diserahkan oleh Kepala BPBD Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto (kanan).

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Para peserta Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas pengelola infrastruktur darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), melakukan kunjungan lapangan ke Kabupaten Wonogiri.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, Kamis (27/8), menyatakan, peserta Bimtek yang bekunjung ke Wonogiri merupakan perwakilan se Provinsi Jateng dan DI Yogyakarta. Mereka berjumlah 45 orang dan didampingi oleh Tim BNPB.

Untuk melakukan studi lapangan, para peserta melaksanakan kunjungan ke Dusun Sumber, Desa Suci, Kecamatan Pracimantoro (sekitar 45 Kilometer arah barat daya Ibukota Kabupaten Wonogiri. Hadir ikut mendampingi penerimaan kunjungan, Camat Pracimantoro, Warsito, bersama para aparat Pemerintah Desa Suci serta perwakilan tokoh masyarakat.

Di Dusun Sumber, Desa Suci, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Tim BNPB beserta para peserta Bimtek, melakukan studi lapang terkait upaya sinergitas dan strategi pengentasan lilitan bencana kekeringan. Yakni langkah dan tindakan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri dan Pemerintah Desa (Pemdes) Suci bersama masyarakat, dalam mengentaskan problem kekeringan.

blank
Para peserta Bimtek bersama Tim dari BNPB, melakukan studi lapang ke Dusun Sumber, Desa Suci, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri.

Bencana Kekeringan
Sebagaimana diketahui, sebelum Tahun 2014, Desa Suci Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, selalu menjadi wilayah yang memiliki potensi rawan bencana kekeringan. Utamanya bila datang musim kemarau. Namun, setelah ada intervensi BNPB pada Tahun 2014 dan 2015, bencana kekeringan berupa krisis air bersih di musim kemarau dapat diatasi.

Kepala BPBD Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, menyatakan, selama dua tahun berturut-turut, BNPB yang menyikapi usulan Pemkab Wonogiri, peduli memberikan bantuan untuk mengantisipasi bencana kekeringan di Desa Suci, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri.

blank
Para peserta Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas pengelola infrastruktur darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), foto bersama di Dusun Sumber, Desa Suci, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri.

Dengan mendapatkan alokasi anggaran serta didukung  APB-Des dan swadaya masyarakat, maka pada akhir Tahun 2016, Desa Suci berubah menjadi wilayah yang tercukupi kebutuhan air bersihnya, dan tidak lagi terdampak bencana kekeringan.

Keberhasilan penanganan bencana kekeringan di Desa Suci, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri tersebut, menjadi bahan kajian para peserta Bimtek yang melakukan studi lapang bersama Tim BNPB.

Bambang Pur