blank
 Anggota organisasi perempuan menggalang bantuan untuk korban kebakaran. Foto: Eko Priyono

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Anggota organisasi Perempuan Bangsa, Jama’ah Nariyah, Fatayat NU dan Muslimat NU Mungkid, Kabupaten Magelang,   melakukan bakti sosial atas terjadinya musibah kebakaran yang melanda salah satu rumah warga di Dusun Gadingan, Desa Bojong, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Senin (24/8/2020).

Bakti sosialnya berupa pemberian sembako dan uang tunai kepada korban kebakaran Iwan Setiadi yang juga anggota GP Anshor Kecamatan Mungkid.

Sekretaris DPC Perempuan Bangsa yang sekaligus  koordinator kegiatan bakti sosial Zulfiati mengatakan, pemberian sembako itu merupakan bentuk kepedulian kader-kader NU dan PKB  terhadap warga yang sedang tertimpa musibah.

“Kami bersama teman-teman Fatayat, Muslimat NU, Jamaah Nariyah PKB menggalang donasi berupa sembako, uang tunai dan pakain pantas pakai untuk meringankan beban mas Iwan,” katanya.

Informasi yang dia terima bahwa musibah kebakaran yang menimpa Iwan terjadi pada Hari Sabtu 22/8/2020 sekitar pukul 20.30. Ketika itu rumah dalam kondisi kosong karena ditinggal aktivitas penghuninya sejak pagi.

“Waktu itu karena penghuninya pergi, informasi kebakaran tidak bisa diketahui lebih awal, sehingga mengakibatkan kobaran api dengan cepat melalap hampir seluruh rumah dan isinya,” jelas Zulfiati.

Selain bakti sosial juga melakukan doa bersama dan mengajak para donatur untuk membantu warga yang terkena musibah. Selain itu memberikan support agar Iwan dan keluarganya tetap tabah dan sabar menerima musibah yang terjadi. “Kita perlu mengambil hikmah atas musibah ini untuk lebih meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing. Agar kejadian serupa tidak terulang lagi dan sedapat mungkin kita antisipasi,” imbuhnya.

Eko Priyono-trs