blank
Foto: dok/ist

TEGAL (SUARABARU.ID)– Menjelang penyelenggaraan Konferensi Provinsi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jateng, PWI Kabupaten Tegal akan mengadakan kegiatan bedah buku berjudul ‘Media, Narasi Kepemimpinan dan Normal Baru’ karya Amir Machmud NS, yang dikemas dalam tema Agenda Kemaslahatan Media.

Kegiatan bedah buku ini akan dibalut dengan kegiatan Ngopi (Ngobrol Inspiratif), yang dilaksanakan pada Kamis (27/8/2020), pukul 14.00-16.00 WIB di Kedai Nyong Kopi, Jalan Jeruk No 1, Procot, Slawi.

”Kami berharap para anggota PWI Kabupaten Tegal dan para peminat sastra, ikut hadir dan aktif di acara yang kami gelar ini,” kata Dwi Ariadi, selaku Ketua PWI Kabupaten Tegal, didampingi M Fatkhurohman (Sekretaris PWI Kabupaten Tegal), dalam keterangannya di Slawi, Senin (24/8/2020).

BACA JUGA : KONI Kabupaten Pekalongan Harapkan Dukungan Fasilitas dan Regulasi Keolahragaan

Menurut dia yang mengutip sebagian isi buku, istilah Kemaslahatan Sosial dalam konteks berjurnalistik dan bermedia, sebenarnya tidak terjabar secara tersurat dalam Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers maupun Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

Namun secara tersirat, pemaknaan sikap dan berperilaku dari kedua sumber aturan dan norma berjurnalistik dan bermedia itu, menuntun wartawan untuk secara preventif memahami relevansi tugas sosial dan tanggung jawabnya.

Katakanlah, ketika wartawan memedomani fungsi pers, maka acuannya adalah teks undang-undang yang menyebut mengenai peran memberi informasi, memberi pendidikan, memberi hiburan, dan menjalankan kontrol sosial.

Sedangkan pasal-pasal KEJ memberi panduan, bagaimana wartawan harus bersikap, berperilaku, dan memutuskan mengenai apa yang boleh disajikan dan mana yang tidak patut diberitakan.

Riyan-Sol