blank
Vincenzo Italiano/dok

ROMA (SUARABARU.ID) – Spezia menjadi klub terakhir yang promosi ke Seri A Liga Italia. Anak-anak asuhan Vincenzo Italiano mendepak Frosinone pada fase play-off. Fase akhir play-off leg kedua antara Spezia dan Frosinone berlangsung di Stadion Alberto Picco, La Spezia, Jumat (21/8) dini hari WIB.

Pertandingan tuntas dengan skor 1-0 untuk kemenangan Frosinone lewat gol Marcus Rohden pada menit ke-61. Hasil itu menjadikan duel kedua tim berakhir dengan agregat 1-1. Sebelumnya, Spezia menang 1-0 dalam pertemuan pertama.

Mereka dinobatkan sebagai tim ketiga yang meraih tiket ke Seri A setelah Benevento dan Crotone. Pertandingan ini tak mengenal tambahan waktu meski agregat imbang. Menurut jurnalis James Horncastle, aturan berubah selama pandemi Covid-19.

Spezia berhak promosi ke Seri A mengacu pada klasemen akhir Seri B. Pasukan Vincenzo Italiano tercatat menduduki posisi ketiga dengan 61 poin. Sementara Frosinone ada di peringkat kedelapan dengan 54 angka.

Ini menjadi sejarah bagi Spezia. Sejak kompetisi Seri A ditangguhkan karena Perang Dunia II, mereka baru kali ini kembali ke kasta tertinggi. Hal itu dilalui setelah delapan musim secara beruntun di Seri B. ”Kami sangat senang, dan berharap bisa bersaing di Seri A,” ujar Vincenzo Italiano kepada Football Italia.

rr