blank
Hendi saat menyampaikan harapannya, jika kesuksesan pengamanan pemilihan Wali Kota Semarang nantinya, akan menjadi salah satu faktor penentu tingginya partisipasi pemilih. Foto: heri priyono

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Meski hampir pasti Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang, pada 9 Desember 2020 mendatang, hanya diikuti pasangan calon tunggal, Hendrar Prihadi (Hendi) dan Hevearita G Rahayu (Ita), namun tetap saja sejumlah upaya penjagaan keamanan dipersiapkan.

Pasalnya, faktor keamanan menjadi salah satu kunci suksesnya pelaksanaan pesta demokrasi yang berlangsung lima tahunan ini. Hal itu disampaikan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, saat membuka Rakor Operasi Candi Mantap yang digelar Rabu (19/8/2020), di Ruang Rama Sinta Hotel Patrajasa.

Hadir dalam rakor pengamanan itu, para ketua partai politik, pimpinan OPD, camat se-Kota Semarang, jajaran TNI, Polri, KPU serta Bawaslu Kota Semarang.

BACA JUGA : Prajurit Pilihan Adalah Investasi TNI AD di Masa Depan

Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi itu menegaskan, jika kesuksesan pengamanan pemilihan Wali Kota Semarang nantinya, akan menjadi salah satu faktor penentu tingginya partisipasi pemilih.

”Selain Luber dan Jurdil, kesuksesan Pemilu juga terlihat dari tingginya partisipasi masyarakat pada Pilkada mendatang. Untuk itu, keguyuban dan peran aktif seluruh pihak mulai dari pemerintah, pelaksana pemilu, TNI Polri, partai politik sangat diperlukan,” katanya.

Menurut Hendi, keamanan dan kenyamanan bagi seluruh warga dalam menyalurkan hak demokrasinya di TPS, menjadi fakor penting penentu jumlah partisipasi pemilih. Apalagi partisipasi pemilih di Kota Semarang terpantau cukup tinggi, mulai dari Pilkada 2015, Pilgub hingga Pilpres 2019 yang mencapai 83%.

blank
Hendrar Prihadi

Angka ini diharapkan dapat terjaga, bahkan meningkat sebagai bagian dari penyaluran hak demokrasi seluruh warga pada Pilkada Desember mendatang.

Dirinya pun kemudian mengajak seluruh pemangku wilayah, pelaksana Pemilu, personel keamanan, partai politik dan tokoh masyarakat, untuk menunjukkan situasi guyub, aman, tenteram sehingga masyarakat nyaman dalam memilih.

Sementara itu, Kapolrestabes Kota Semarang Kombes Auliansyah Lubis, menyampaikan, pihaknya bersama jajaran TNI, Kodim dan seluruh personel pengamanan, siap mengerahkan seluruh SDM, kemampuan serta berkoordinasi sebaik mungkin, guna mengawal, menjaga dan menciptakan kondusivitas guna suksesnya Pilkada 9 Desember mendatang.

Heri Priyono-Riyan