blank
Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Imron Masyhadi (kiri) didampingi Kapolres AKBP Christian Tobing (kanan) menandatangani naskah kesepakatan bersama para pendekar silat dan pimpinan perguruan bela diri.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Para pendekar silat dan pimpinan perguruan bela diri di Kabupaten Wonogiri, diimbau untuk mendisiplinkan anggotanya mematuhi protokol kesehatan pencegahan Corona Virus Disease (Covid)-19. Juga berperan aktif mendukung terciptanya situasi Wonogiri yang kondusif menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

Imbauan tersebut, disampaikan oleh Bupati Joko Sutopo bersama Dandim 0728 Letkol (Inf) Imron Masyhadi dan Kapolres AKBP Christian Tobing, Selasa (18/8), ketika berlangsung Rapat Koordinasi (Rakor) Forkompimda bersama para pendekar silat dan pimpinan perguruan bela diri se Kabupaten Wonogiri.

Rakor digelar di rumah pertemuan Saraswati, Lingkungan Joho Lor, Kelurahan Giriwono, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Ikut hadir Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Dokter Adhi Dharma, Kepala Satpol-PP, Waluyo,.Kepala BPBD, Bambang Haryanto, Kepala Kesabangpol, Sulardi S.Sos, Ketua KONI, Muhammad Eko Budi Santoso, para Danramil dan Kapolsek yang wilayahnya memiliki perguruan silat dan bela diri.

blank
Kapolres Wonogiri AKBP Chistian Tobing (kiri) menyerahkan piala kejuaraan lomba Kampung Siaga Covid-19 Candi Tahun 2020.

Sura Agung
Tampil menyampaikan paparan dalam Rakor tersebut, Ketua Perguruan Silat SH (setia Hati) Terate (Parluh 2016) Cabang Wonogiri, Joko Prihanto, yang menyatakan akan melakukan acara sakral Sura Agung untuk pengesahan anggota baru pada Tanggal 29 dan 30 Agustus 2020 sebanyak 442 orang, di delapan lokasi. Selanjutnya untuk agenda pengesahan Tanggal 4 September 2020 sebanyak 446 anggota baru di enam lokasi.

Ketua Perguruan Silat SH Terate (Parluh 2017) Cabang Wonogiri, Sugiatto, melaporkan, perguruannya pada Tanggal 29-30 Agustus 2020 akan mewisuda anggota baru sebanyak 321 orang, dan pada Tanggal 5 September 2020 mewisuda anggota baru sebanyak 310 orang.

blank
Para pemenang juara lomba Kampung Siaga Covid-19 Candi, foto bersama Bupati Joko Sutopo (tengah) yang didampingi Dandim dan Kapolres.

Selanjutnya, Ketua Ranting Perguruan Silat SH Terate Cabang Ponorogo, Nurun Ramadhon, melaporkan, akan melakukan wisuda anggota baru sebanyak 573 orang di Kecamatan Kismantoro, Puhpelem dan Purwantoro. Ketua Ranting PSH Tunas Muda Winongo, Riyanto, menyatakan, dalam kondisi pandemi Covid-19, di evenet Sura Agung (Bulan Sura), perguruannya tidak mengagendakan acara wisuda anggota baru.

Kesepakatan

Bersamaan acara Rakor Forkompimda dengan para pendekar silat dan pimpinan perguruan bela diri tersebut, dilakukan pula penandatangganan kesepakatan bersama untuk tidak mendirikan tugu atau prasasti simbol masing-masing perguruan pencak silat yang eksis di Kabupaten Wonogiri. Juga menyatakan sepakat untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan wabah corona.

Dalam kesempatan itu, diserahkan piala kejuaraan lomba Kampung Siaga Candi Covid-19. Juara I Dusun Duwet Kidul Kecamatan Baturetno, Juara II Desa Johunut Kecamatan Paranggupito, Juara III Desa Manjung Kecamatan Wonogiri Kota, Juara harapan I, II, III masing-masing Jatipurno, Jatiroto dan Batuwarno.

Bambang Pur