blank

Perayaan Hari Kemerdekaan Melalui Inovasi Teknologi di Masa Pandemi Covid-19 

Oleh: Ira Alia Maerani

ISTIMEWA. Bisa jadi ini istilah yang dirasa paling relevan untuk menggambarkan perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2020. Gebyar perayaan hari kemerdekaan tahun-tahun sebelumnya senantiasa diwarnai dengan berbagai perlombaan dan keceriaan. Kumpul bocah terjadi di seantero nusantara. Terbalut dalam gegap gempita  dan canda tawa aneka lomba khas 17-an, seperti: lomba makan kerupuk, balap karung, panjat pinang, memasukkan pensil ke dalam botol, dan aneka lomba lainnya.

Tak kalah seru para Bapak yang mewarnai dengan aneka lomba olahraga. Mulai dari badminton, tarik tambang, catur, volley, sepak bola antar kampung dan lainnya. Para Ibu pun tak mau kalah. Lomba membuat dan menghias tumpeng, aneka lomba olahraga dan sejenisnya digelar. Hingga jalan santai yang diikuti warga kampung dengan hadiah doorprize menarik.

Aneka perlombaan sebagai ekspresi rasa syukur telah merdeka dari belenggu penjajahan ini biasanya diakhiri dengan tirakatan di kampung masing-masing. Bahkan ada yang menggelar perhelatan ini dengan acara pentas seni dan pagelaran wayang. Sebuah tradisi yang terjadi bertahun-tahun.

Akan tetapi, perayaan Hari Kemerdekaan, 17 Agustus 2020 ini berbeda. Istimewa. Pandemi Covid-19 membayang. Kerumunan massa dihindari. Alhasil kerumunan  dalam lomba-lomba jelang hari kemerdekaan pun sirna. Terbalut dalam kesederhaan. Pandemi Covid-19 yang telah berbulan-bulan melanda seluruh dunia membawa efek domino. Banyak orang kehilangan pekerjaan. Lowongan pekerjaan tertutup. Jika pun ada lowongan kerja, pelamarnya bejibun. Para fresh graduated perlu berpikir ekstra untuk mengimplementasikan ilmu di tengah kondisi yang penuh keprihatinan.

Di balik kondisi ini terdapat hikmah yang bisa dipetik. Antara lain yakni optimalisasi pemanfaatan teknologi. Pemerintah pun mensikapinya secara arif, bijaksana dan inovatif. Upacara memperingati hari kemerdekaan 17 Agustus 2020 dilaksanakan secara virtual secara nasional. Jika sebelumnya upacara hari kemerdekaan dilakukan di tanah lapang, diikuti oleh banyak orang. Namun, sebuah terobosan bijak dilakukan di tengah pandemi covid-19 yakni dengan mengoptimalkan teknologi. Upacara memperingati hari kemerdekaan ini dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia langsung dari Jakarta.

Seluruh karyawan perkantoran, civitas akademika lembaga pendidikan mengikuti jalannya pengibaran bendera merah putih di depan perangkat komputer atau handphone di rumah masing-masing. Tentu saja sebelum acara berlangsung, diviralkan  teknis jalannya upacara dan caranya bergabung melalui aplikasi yang dipilih. Informasi berjalan begitu cepat dan mudah.

Perubahan perayaan hari kemerdakaan 17 Agustus 2020 ini amat dramatis. Tidak terbayang sebelumnya. Akan tetapi selalu ada solusi di balik sebuah kejadian. Alhasil, teknologi informasi yang berjalan begitu cepat dan massif ini menjadi solusi di tengah pandemi covid-19. Seiring do’a dipanjatkan di akhir upacara hari kemerdekaan agar badai pandemi segera berlalu. (Dr. Ira Alia Maerani, S.H., M.H. dosen Fakultas Hukum Universitas Islam Sultan Agung, Semarang)

Suarabaru.id