blank
Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan menjadi Irup Apel dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Bumi Wira Bhatkti di Jalan Tentara Pelajar pada Senin dinihari 17/8.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan memimpin Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bumi Wira Bhakti Jalan Tentara Pelajar .

Upacara dilaksanakan tepat Pukul 00.00 Senin (17/8) dinihari. Apel dan renungan suci dihadiri Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, Wakil Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto, Forkompinda Kabupaten Kebumen serta para pejabat Utama Polres Kebumen.

Pelaksanaan apel tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Di masa pandemi virus covid-19, seluruh peserta dan undangan mengenakan masker serta menjaga jarak satu sama lain. Acara dimulai dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, selanjutnya dibacakan doa yang dipimpin Kapolres Kebumen.

Doa dibacakan di bawah cahaya obor yang dibawa dua personel Sat Samapta Polres Kebumen. “Kegiatannya kita mendoakan para pahlawan. Karena masih dalam situasi pandemi virus corona, apel kita laksanakan sesui protokol kesehatan anjuran pemerintah,” ungkap AKBP Rudy Cahya di sela kegiatan.

blank
Bupati Kebumen Yazid Mahfudz dan Wakil Bupati Arif Sugiyanto beserta Forkompinda menghadiri Upacara Apel dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Bumi Wira Bhakti.(Foto:SB/Ist)

Kapolres Kebumen pun mengimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk ikut juga mendoakan para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.”Mari bersama-sama kita doakan para pahlawan, semoga mendapat tempat terbaik di sisiNya. Selanjutnya kita sebagai generasi penerus, wajib mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif,” jelasnya.

Sedangkaan  Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz mengimbau  kepada warga masyarakat yang tengah merayakan HUT Kemerdekaan RI ke- 75 harus sesuai adaptasi kebiasaan baru. Menurut Bupati Yazid Mahfudz, renungan suci dilakukan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan. Sebab mereka itulah yang telah berjuang memerdekaan Bangsa Indonesia.

“Kita wajib meneruskan perjuangan beliau para pejuang mengusir penjajah di medan perang. Kita teruskan perjuangan beliau untuk membangun Kebumen khususnya dan Indonesia pada umumnya,”ujar Bupati.

Adapun para pahlawan yang dimakamkan di TMP Bumi Wira Bhakti Kebumen, terdiri 84 TNI, 8 Polri, 3 pejuang rakyat dan 2 pahlawan tidak dikenal.

Komper Wardopo